Menjawab Kerinduan Umat Untuk Ikut Ekaristi Di Gereja, Paroki Cawas Adakan Misa Khusus Lansia

  • Whatsapp
Misa khusus lansia di Gereja Paroki Cawas, Minggu (25/4/2021).

WartaKita.org – Paroki Santa Maria Assumpta Cawas, Kabupaten Klaten mengadakan misa khusus lansia (lanjut usia) pada Minggu (25/4/2021).

Ekaristi yang digagas oleh Pastor Paroki Cawas Rama Alexander Joko Purwanto Pr dan dibantu oleh Tim Evangelisasi Paroki ini untuk menjawab kerinduan para lansia yang sudah setahun lebih tidak bisa mengikuti Ekaristi di gereja paroki karena pandemi covid-19.

Bacaan Lainnya

Rama Alexander Joko Purwanto menyampaikan, dalam setiap kunjungan ke keluarga-keluarga sambil mengirim komuni, dirinya sering mendengarkan keluhan para lansia yang rindu untuk mengikuti Ekaristi di gereja.

“Mereka sudah ingin ikut Ekaristi. Namun karena situasi pandemi covid-19 yang membatasi mereka bisa mengikuti Ekaristi, membuat mereka hanya berdoa di rumah sambil mengikuti Ekaristi secara live streaming,” katanya.

Rama Joko Purwanto menambahkan, dari keprihatinan ini, maka digagaslah perayaan Ekaristi khusus para lansia di Paroki Cawas. Karena itu, Tim Evangelisasi ditugaskan untuk menyiapkan semua yang diperlukan agar para lansia bisa merayakan Ekaristi dengan baik . Maka Tim Evangelisasi menggandeng Tim PSE (Pendampingan Sosial Ekonomi) dan Tim Kesehatan Paroki Cawas untuk menyiapkan misa lansia ini.

Ekaristi khusus lansia yang perdana selama masa pandemi ini diikuti sekitar 130 lansia. Masing-masing Lingkungan menyediakan kendaraan untuk antar jemput mereka. Wajah-wajah sukacita tergambar dari para lansia. Mereka sangat antusias menanggapi kegiatan ini.

“Simbah-simbah sami semangat. Satu jam sebelum berangkat ke gereja, mereka sudah berkumpul di rumah kami untuk nanti bersama-sama diantar ke gereja,” kata Parni, salah satu umat Paroki Cawas.

“Sungguh luar biasa. Simbah-simbah sangat antusias dan mengucapkan matur nuwun. Kerinduan mereka bisa terpenuhi, karena boleh ikut misa di gereja,” ujar Totok, Ketua Lingkungan Santa Dorothea.

Setelah ekaristi selesai, dilanjutkan dengan makan jenang sungsum bersama. Panitia juga membagi vitamin untuk para lansia.

Para lansia Paroki Cawas beramah tamah sambil makan jenang sungsum usai mengikuti Misa lansia, Minggu (25/4/2021).

Salah satu anggota Tim Pendampingaan Iman Usia Lanjut (PIUL) Paroki Cawas, Haryani yang ikut terlibat dalam misa lansia ini merasa bersyukur karena boleh melayani para lansia yang penuh antusias.

“Terima kasih banget, pengalaman ini luar biasa. Kami boleh melayani simbah-simbah yang sudah sepuh. Kami berharap, kegiatan ini bisa ditindaklanjuti,” harapnya.

Sedang Rama Joko Purwanto menyatakan, dengan melihat situasi dan kondisi (sikon) yang semakin baik di tengah masyarakat, dan juga gerakan vaksinasi yang makin meluas, misa lansia seperti ini diharapkan bisa dilakukan secara rutin sebulan sekali dengan tetap menjalankan protokol kesehatan yang ketat.

“Karena ini menjadi harapan umat,” tandas rama.

Sementara itu salah satu pendamping Pendampingan Iman Anak (PIA) Paroki Cawas, Lidia Nitasari juga mengusulkan, jika kondisinya memungkinkan, pihaknya berkeinginan untuk bisa menyapa anak-anak PIA, supaya mereka juga mendapatkan pendampingan iman yang sama.

“Karena jika terlalu lama anak-anak tidak ada kegiatan iman, maka akan sangat berat untuk mulai mengajak mereka,” ucapnya.

Rama Joko Purwanto berharap, dengan aneka kegiatan yang dibuat, semoga dapat menyapa kerinduan umat yang sudah lama terbelenggu oleh pandemi ini.

“Pelan-pelan dengan adanya kebiasan baru dalam berliturgi, dan dengan adanya protokol kesehatan, kita bisa melayani umat dengan baik,” ungkap rama. (L Sukamta/*)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

1 Komentar