Tarik Pengunjung, Pluneng Lestarikan Seni Ciblon

  • Whatsapp
Penampilan Seni Ciblon di Umbul Tirto Mulyani, Pluneng.
Penampilan Seni Ciblon di Umbul Tirto Mulyani, Pluneng.

Wartakita.org – Desa Pluneng, Kecamatan Kebonarum, Kabupaten Klaten memiliki cara tersendiri untuk menarik pengunjung ke desanya. Salah satu caranya dengan menggelar Seni Ciblon “Tirto Wening”.

Kepala Desa Pluneng Wahyudi menyampaikan, Seni Ciblon adalah seni suara yang ditimbulkan dari gerakan tangan yang dilakukan di dalam air. Satu regu Seni Ciblon terdiri dari 10 orang pemain ciblon dan 5 orang penyanyi.

Bacaan Lainnya

“Seni Ciblon ini sempat vakum beberapa bulan. Namun karena adanya dorongan dari masyarakat, maka Seni Ciblon Tirto Wening ini kita hidupkan kembali,” katanya.

Kades Wahyudi menyatakan, Seni Ciblon diyakini bisa menarik para pengunjung untuk datang ke desanya. Dalam Seni Ciblon ini, berbagai lagu dapat dinyayikan, seperti IIir-Iir, Pluneng Ciblon, dan sebagainya.

“Selain untuk menarik para pengunjung, Seni Ciblon juga untuk nguriuri Budaya Jawa hasil karya nenek moyang kita ini,” ujarnya.

Wahyudi menjelaskan, awalnya, Seni Ciblon ini dilakukan oleh nenek moyang mereka di sejumlah sungai di Desa Pluneng. Namun seiring proses, Seni Ciblon ini kemudian dilakukan di satu tempat, yakni di Umbul Tirto Mulyani atau Umbul Wedok. (L Sukamta)

 

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *