Kembangkan Potensi Desa, Glagahwangi Dirikan BUMDes

  • Whatsapp
Kepala Desa Glagahwangi Wuryanto
Kepala Desa Glagahwangi Wuryanto

Wartakita.org – Desa Glagahwangi, Kecamatan Polanharjo, Kabupaten Klaten memiliki beragam potensi, baik itu potensi alam, budaya, dan sumber daya manusia. Namun sayangnya, aneka potensi yang ada itu belum dikembangkan secara maksimal.

Karenanya, untuk mengembangkan berbagai potensi yang ada itu, Pemerintah Desa (Pemdes) Glagahwangi mendirikan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) “Bangkit Bersama”.

Bacaan Lainnya

Peluncuran BUMDes yang bermotto “Bangkit Bersama Menuju Kemandirian” ini dilakukan di balai desa setempat, Selasa (16/1/2018) malam.

Kepala Desa Glagahwangi Wuryanto menyampaikan, Desa Glagahwangi memiliki banyak potensi yang perlu dikembangkan, seperti waduk, umbul, pasar desa, dan juga tempat bersejarah.

“Kita ingin mengembangkan berbagai potensi yang ada itu melalui BUMDes yang kita dirikan ini. Kita berharap, BUMDes ini dapat meningkatkan pendapatan asli desa (PADes) dan semakin menyejahterakan masyarakat. Selain itu, juga untuk semakin mengenalkan potensi desa kita kepada masyarakat di luar sana,” katanya.

Kades Wuryanto menjelaskan, BUMDes “Bangkit Bersama” ini mulai dirintis pada Desember 2017 dengan “modal awal” sekitar Rp 40 juta. Dan ke depan, Pemdes Glagahwangi akan terus memihaki BUMDes dengan penguatan modal dari dana desa.

“Pada tahun 2018 ini, kita akan mengembangkan waduk yang kita beri nama Waduk Jomblo. Nantinya, waduk itu akan kita gunakan untuk pengairan para petani, wahana permainan anak, kolam renang, wisata kuliner, serta untuk laboratorium perikanan. Selain sektor wisata, nantinya BUMDes ini juga akan menangani dan memberdayakan  warung atau pertokoan per RT yang bisa menjual karya warga dari setiap  dukuh,” terangnya.

Acara peluncuran BUMDes Bangkit Bersama ini diisi dengan bakti sosial (baksos) pemeriksaan kesehatan dan pengobatan gratis bagi warga desa setempat bekerja sama dengan Rumah Sakit Cakra Husada (RSCH) Klaten. (L Sukamta)

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *