Bangga Dan Bersyukur Menjadi Guru

  • Whatsapp
Ch Sri Sumaryani

HIDUP merupakan anugerah dari Tuhan yang harus disyukuri.

Karenanya, manusia sebagai makhluk yang paling sempurna diantara ciptaan Tuhan karena memiliki akal budi atau pikiran harus berusaha untuk menjaga alam seisinya dengan baik. Segala pemberian dari Tuhan hendaknya dapat digunakan sebagaimana mestinya sesuai dengan fungsinya.

Bacaan Lainnya

Untuk mensyukuri anugerah dari Tuhan tidak cukup hanya dengan berdoa saja. Tetapi harus diwujudkan dengan perbuatan nyata dalam kehidupan sehari-hari. Sebab, hidup menjadi lebih bermanfaat bila dapat membahagiakan orang lain dan tidak mengutamakan kepentingan diri sendiri.

Maka menjadi seorang guru adalah pilihan dalam hidupku. Sebagai seorang guru, kita harus bisa dan mau berusaha untuk dapat meningkatkan kualitas dan memberikan pelayanan kepada peserta didik yang didasari rasa cinta kasih.

Sebagai guru tentu mempunyai motivasi yang menjadi penyemangat dan pendorong untuk berkembang, sehingga hidup menjadi lebih bermakna dan berguna untuk sesama.

Hidup bersama orang lain di lingkungan sekolah, keluarga, dan masyarakat sungguh menyenangkan dan pengalaman-pengalaman yang diperoleh membuat semakin dewasa dan bijaksana dalam mengambil setiap keputusan.

Yesus sebagai Guru yang sejati tetap setia kepada murid-murid-Nya dan menerima semuanya dengan penuh syukur. Hal ini menjadi spiritualitas dalam hidupku sebagai seorang guru. Berani memberikan pelayanan kepada peserta didik dengan setulus hati, dan bersikap rendah hati. Apalagi aku sebagai seorang guru di kelas kecil yang membutuhkan kesabaran dan kasih dalam setiap pendampingan peserta didik. Aku harus mau berkorban dan berjuang untuk anak-anak tercinta yang telah diberikan oleh Tuhan.

Membimbing, mendidik, dan mengajar merupakan tugas yang menyenangkan dan membanggakan, karena dapat ambil bagian dalam usaha mencerdaskan tunas-tunas muda harapan bangsa.

Guru mempunyai peranan yang besar dalam dunia pendidikan. Maka perlu meningkatkan kualitas dan dedikasi, apalagi di saat pandemi covid-19 ini. Guru harus mampu untuk mengembangkan diri agar anak-anak dapat terlayani dengan baik dan maksimal.

Untuk dapat membuahkan hasil yang bermutu, guru dituntut dapat membantu peserta didik dalam hal pengembangan kecerdasan intelektual dan kepribadian yang baik. Maka diperlukan pendidikan karakter.

Pendidikan karakter dapat diintegrasikan dalam pembelajaran. Materi pembelajaran yang berkaitan dengan norma atau nilai-nilai pada setiap muatan pelajaran perlu dikembangkan, dikaitkan dengan konteks kehidupan sehari-hari. Guru harus bisa menjadi seorang model dalam karakter dan memberikan keteladanan yang baik.

Dalam mengembangkan kecerdasan intelektual, guru bisa mengikuti seminar, webinar, atau pelatihan yang dapat menunjang keberhasilan proses pembelajaran peserta didik. Usia tidak membatasi untuk maju dan berkembang. Maka guru perlu untuk belajar tentang penggunaan IT yang semula dirasa sulit, dari tidak tahu menjadi tahu, dan dari tidak bisa menjadi bisa.

Niat dan kemauan inilah yang mendorong untuk belajar dan berubah menuju kesuksesan. Kebersamaan dalam kegiatan webinar dapat untuk saling berbagi dan melengkapi demi kemajuan bidang pendidikan saat ini.

Setiap orang tentu mendambakan sesuatu yang baik. Begitu pula yang kulakukan. Aku ingin bekerja sebaik-baiknya dan bertanggung jawab terhadap tugas-tugas yang diberikan. Rasa senang dan puas muncul jika dapat menyelesaikan tugas dengan baik, serta punya niat untuk belajar hal-hal yang baru.

Kerja sama antar guru sangat mendukung dalam tugas keseharian dan dapat menciptakan relasi yang menyenangkan. Antara guru yang berusia tua dan muda tidak ada jurang pemisah. Tetap ingin bekerja sama untuk meningkatkan mutu pendidikan dan pelayanan yang makin baik sesuai harapan orang tua murid dan sekolah.

Dengan menjadi guru, aku memiliki kesempatan untuk belajar dan terus belajar, serta mengembangkan kompetensi baik dalam hal iman atau pun pengetahuan dan keterampilan. Apalagi guru di sekolah Yayasan Marsudirini yang mempunyai banyak peluang untuk maju dan berkembang.

Aku bersyukur dan merasa bangga boleh bekerja di sekolah Katolik yang menanamkan nilai-nilai Kristiani dan dijiwai oleh semangat Bapa Fransiskus dan Ibu Magdalena Daemen. Tempat kerja yang nyaman dan persaudaraan yang baik membuatku semakin betah dan kerasan. Ternyata, begitu besar kasih setia Tuhan dalam hidupku.

Dalam setiap langkah kehidupan, tentu kita mengalami suka dan duka. Begitu pula dalam melaksanakan tugas sebagai guru. Banyak pengalaman menyenangkan yang aku rasakan dan keluargaku tetap memberikan dukungan sepenuhnya. Karena kebetulan, suamiku juga seorang guru. Sehingga bisa bersama-sama meniti karier dalam bidang pendidikan, saling mendukung, saling berbagi, saling melengkapi, dan membantu menguatkan di saat mengalami kesulitan. Karena aku percaya, Tuhan pasti memberi jalan.

Yayasan Marsudirini banyak berjasa dalam hidupku selama ini. Kebutuhan keluargaku dapat terpenuhi. Semangat untuk berjuang selalu menyertaiku dalam setiap tugas. Aku ingin memberikan yang terbaik untuk Marsudirini sebagai persembahan hidupku.

Terima kasih Marsudirini tercinta, yang merupakan harapan masa depan yang makin gemilang. Jayalah Marsudirini selamanya…. (ls)

Ch Sri Sumaryani

Guru SD Marsudirini Santa Theresia Boro, Kabupaten Kulon Progo

 

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *