Monday, 25 Jan 2021


Warung Bakmi Jowo Bu Sutini Karangnongko, Mienya Natural, Rasanya Mantap…..

Riyanti (kanan) saat memasak di warungnya.

WartaKita.org – Masyarakat sekitar Kecamatan Karangnongko, Kabupaten Klaten dan sekitarnya kini tak perlu lagi ke Kota Klaten untuk menikmati aneka masakan mie, nasi goreng, dan tahu kupat.

Warga cukup datang ke Warung Bakmi Jowo Bu Sutini yang berada di Dukuh Tangkisan, Desa Jetis, Kecamatan Karangnongko.

Warung yang mulai buka pada tanggal 15 November 2020 ini menyediakan aneka menu masakan, seperti mie goreng, mie godog, bihun goreng, mie rebus, nasi goreng, tahu kupat, dan tongseng ayam. Selain itu, juga menyediakan snack atau camilan, yaitu mendoan, tela-teka, kentang goreng, dan pisang keju. Sedang untuk minuman, warung ini menyediakan teh, jeruk, jahe, kopi, susu, jus dan lainnya.

Pemilik Warung Bakmi Jowo Bu Sutini, Riyanti (47) menyampaikan, biasanya, warung ini buka dari pukul 10.00 sampai 22.00 WIB. Namun selama Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Jawa – Bali dari tanggal 11 sampai 25 Januari 2021 ini, warungnya buka dari pukul 10.00 sampai 19.00 WIB.

“Meski tutup pukul 19.00 WIB, tetapi kami masih melayani pesan antar untuk pembeli sekitar Karangnongko,” katanya.

Istri dari Guritno, Kasie Pengembangan Kapasitas Lingkungan Hidup Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (DLHK) Kabupaten Klaten ini menyatakan, semula, Warung Bakmi Jowo Bu Sutini ini berada di pinggir Jalan Karangnongko – Mipitan. Namun sejak ibunya meninggal, maka warung tersebut buka di Dukuh Tangkisan.

“Kami meneruskan usaha (warung bakmi) yang telah dirintis ibu saya. Saat ini, kami memiliki 3 karyawan, serta dibantu anak sama suami saya,” ujarnya.

Ibu dari tiga anak ini mengatakan, dia belajar memasak secara otodidak. Riyanti belajar memasak dari ibunya sejak masih sekolah di SMP, dan berlanjut sampai SMA dan kuliah. Karena setiap hari ikut mencicipi masakan, akhirnya dia juga bisa memasak enak.

“Semua menu di sini jadi favorit pengunjung. Sedang pelanggan yang datang ke sini dari sekitar Karangnongko, Kemalang, Manisrenggo, dan bahkan dari Kota Klaten,” tuturnya.

Riyanti mengemukakan, awalnya, warung ini hanya melayani menu mie dan nasi goreng. Tetapi karena banyak pengunjung yang meminta menu yang membuat perut kenyang dengan nasi putih, maka mulai 2 Januari 2021, warung ini menyediakan menu tongseng ayam.

“Kami sudah lakukan survey. Agar tidak menyaingi dan mengurangi rejeki warung makan lainnya, maka kita buat menu tongseng ayam. Dan alhamdulillah, warung kami jadi tambah laris,” paparnya.

Menu tongseng ayam di Warung Bakmi Jowo Bu Sutini Karangnongko.

Sedang Guritno menambahkan, ke depan, mereka ingin mengembangkan warung makannya ini. Setidaknya, warung ini dapat menampung untuk kegiatan meeting (pertemuan) sekitar 50 orang.

“Kami ingin membangun lantai dua di lahan samping warung ini. Tetapi semuanya berproses. Kami tidak akan tergesa-gesa,” ungkapnya.

Sementara itu, salah satu pengunjung Warung Bakmi Jowo Bu Sutini mengaku, masakan Riyanti ini sangat enak dan cocok dengan seleranya.

“Mienya natural, dan rasanya mantap. Bumbu rempahnya sangat terasa. Apalagi harganya termasuk murah. Satu paket menu cukup Rp10 ribu,” ucap guru SMP Negeri2 Manisrengggo itu. (L Sukamta)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *