Tuesday, 20 Apr 2021


Untuk Menunjang Keberhasilan PPKM Mikro, Polres Klaten Resmikan Perusahaan Siaga Candi

Kapolres Klaten AKBP Edy Suranta Sitepu berfoto bersama Muspika Pedan dan pimpinan PT Koesuma Nanda Putra Pedan usai meresmikan Perusahaan Siaga Candi di Pedan pada Rabu (7/4/2021).

WartaKita.org – Kapolres Klaten AKBP Edy Suranta Sitepu meresmikan PT Koesuma Nanda Putra Pedan sebagai Perusahaan Siaga Candi pada Rabu (7/4/2021).

Acara peresmian dilaksanakan di lokasi perusahaan yaitu di Desa Jatimulyo, Kecamatan Pedan dan dihadiri oleh pejabat utama (PJU) Polres Klaten, Muspika Pedan, pimpinan perusahaan PT Koesuma Nanda Putra, serta sejumlah tokoh masyarakat.

Perusahaan Siaga Candi merupakan program Polda Jawa Tengah untuk mendorong penerapan protokol kesehatan terkait covid-19 pada lingkungan perusahaan, lingkungan tempat tinggal, serta fasilitas umum lainnya.

Atas instruksi Kapolda itu, Polres Klaten kemudian menindaklanjuti dengan meresmikan PT Koesuma Nanda Putra sebagai Perusahaan Siaga Candi.

Kapolres Klaten AKBP Edy Suranta Sitepu dalam sambutan mengatakan, program perusahaan Siaga Candi juga dijalankan untuk mendukung pemerintah dalam menerapkan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Berskala Mikro untuk mengendalikan penyebaran covid-19. Yang mana salah satunya memuat ketentuan penerapan protokol kesehatan terkait di lingkungan kerja.

“Untuk menunjang keberhasilan PPKM Mikro, Polda Jateng telah memberikan instruksi yang tertuang dalam telegram Kapolda Jateng nomor ST/255/II/Ops.2/2021 tanggal 2 Februari 2021 tentang revitalisasi perusahaan Siaga Candi. Ini diharapkan agar lingkungan perusahaan dapat meminimalisir penularan covid-19,” katanya.

Kapolres Klaten menambahkan, peresmian PT Koesuma Nanda Putra sebagai perusahaan Siaga Candi ini karena perusahaan tersebut telah memenuhi beberapa kriteria yang ditetapkan. Antara lain telah mematuhi protokol kesehatan, mempunyai tempat cuci tangan yang memadai, mempunyai posko kesehatan, mempunyai ruang isolasi, dan memiliki posko keamanan. Perusahaan juga sudah menyediakan petugas medis yang memadai dalam mengantisipasi gejala batuk, pilek,dan keluhan kesehatan dari karyawannya.

“Pabrik ini sudah menerapkan protokol kesehatan secara ketat. Tentunya untuk mendukung program pemerintah dengan tetap menerapkan 5M. Tadi sudah kita tinjau semuanya ada, baik itu posko kesehatan, kemudian ruang isolasi, ada ruang perawatan, dan ada juga dapur umum. Jadi sudah memenuhi syarat untuk kita tetapkan menjadi Perusahaan Siaga Candi,” terangnya.

Kapolres menyatakan, program ini akan terus dilanjutkan dan diterapkan di semua fasilitas umum di Kabupaten Klaten. Dan tidak menutup kemungkinan, program Siaga Candi ini akan diterapkan juga di lingkungan lain seperti pasar dan lain-lain untuk menekan penyebaran covid-19.

Sementara itu salah satu pimpinan perusahaan PT Koesuma Nanda Putra, Hanggo Wahyu Amerto mengungkapkan, perusahaan yang dipimpinnya selama ini sudah mematuhi protokol kesehatan.

“Apalagi dengan adanya pendamping Polres Klaten melalui program perusahaan Siaga Candi ini, semakin menambah komitmen kami untuk bersama-sama mencegah penularan covid-19 di lingkungan perusahaan,” ucapnya. (L Sukamta/*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *