Tuesday, 20 Apr 2021


Untuk Cegah Dan Tekan Covid-19, Polres Klaten Resmikan Pondok Pesantren Siaga Candi

Kapolres Klaten AKBP Edy Suranta Sitepu saat meresmikan Pondok Pesantren Al Manshurin yang berada di Kecamatan Jatinom sebagai Pondok Pesantren Siaga Candi pada Kamis (25/2/2021).

WartaKita.org – Kapolres Klaten AKBP Edy Suranta Sitepu meresmikan Pondok Pesantren Al Manshurin yang berada di Dukuh Sribit, Desa Pandeyan, Kecamatan Jatinom, Kabupaten Klaten sebagai Pondok Pesantren Siaga Candi pada Kamis (25/2/2021).

Pondok Pesantren Siaga merupakan program Polri untuk mendorong penerapan protokol kesehatan terkait covid-19 di lingkungan pondok pesantren.

Hal tersebut sejalan dengan Instruksi Menteri Dalam Negeri Nomor 3 Tahun 2021 tentang Pembatasan Kegiatan Masyarakat Berbasis Mikro dan Surat Edaran Bupati Klaten Nomor 443.5/034/2021 yang isinya antara lain penerapan protokol kesehatan dan pembatasan aktifitas warga masyarakat di berbagai sektor, salah satunya adalah lingkungan pendidikan.

“Peresmian Pondok Pesantren Siaga ini mendasari apa yang menjadi komitmen Polri dalam rangka mendukung upaya pemerintah untuk menekan penyebaran covid-19,” kata Kapolres Klaten

Kapolres AKBP Edy Suranta Sitepu menyatakan, Pondok Pesantren Al Manshurin ini diresmikan sebagai Pondok Pesantren Siaga karena dinilai sudah tangguh dalam menghadapi pandemi covid-19. Kriterianya antara lain adalah penerapan protokol kesehatan yang baik sehingga tidak ada santri yang positif covid-19.

“Di dalam Pondok Pesantren ini penerapan protokol kesehatannya dilakukan secara ketat. Seperti setiap ada santri yang datang dari luar daerah ini dilakukan isolasi selama 14 hari. Begitu juga di depan sudah disediakan tempat cuci tangan. Dan yang luar biasa selama pandemi covid-19, tidak ada satupun santri yang positif covid-19,” jelas Kapolres.

Kapolres Klaten menjelaskan, program Pondok Pesantren Siaga Candi akan terus dilanjutkan dan diterapkan di semua pondok pesantren di Kabupaten Klaten.

“Dan tak menutup kemungkinan, program Siaga Candi ini akan diterapkan juga di lingkungan lain seperti Terminal Siaga Candi, Pasar Siaga Candi, Perusahaan Siaga Candi dan lain-lain untuk bisa menekan penyebaran covid-19,” tandas Kapolres.

Sementara itu Pimpinan Pondok Pesantren Al Manshurin Ustadz Rustam Efendi mengatakan, pondok pesantren ikut andil dalam pembangunan negara. Termasuk dalam upaya pengendalian covid-19.

“Semua elemen masyarakat harus terlibat. Karena itu, kami mengajak mitra pondok pesantren dan masyarakat untuk bersama-sama dalam menanggulangi covid-19. Terima kasih atas kepercayaan dari Polres Klaten yang telah memilih pondok pesantren kami sebagai Pondok Pesantren Siaga Candi,” ujarnya.

Acara peresmian Pondok Pesantren Siaga Candi di Ponpes Al Manshurin Jatinom ini dihadiri oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Klaten, Muspika Jatinom, para Pejabat Utama (PJU) Polres Klaten dan pimpinan serta pengurus Pondok Pesantren Al Manshurin.

Dalam kegiatan tersebut Kapolres dan rombongan juga mengecek sarana penanggulangan covid-19 diantaranya ruang posko, ruang besuk tamu, dapur siaga, pos kesehatan pesantren, ruang isolasi dan ruang UMKM. (L Sukamta)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *