Saturday, 24 Aug 2019


University of Marburg Jerman Kunjungi UKDW Yogyakarta, Ingin Belajar Pembangunan Pemukiman

Rombongan dari University of Marburg saat mengunjungi UKDW Yogyakarta pada Senin (5/8/2019).

WartaKita.org – Universitas Kristen Duta Wacana (UKDW) Yogyakarta menerima kunjungan dari University of Marburg Jerman di Ruang Seminar Pendeta Dr Harun Hadiwidjono pada Senin (5/8/2019).

Rombongan yang terdiri dari 23 mahasiswa dan 1 dosen dari University of Marburg Jerman ini diterima oleh Rektor UKDW Yogyakarta, Ketua Program Studi Arsitektur beserta para dosen dari Fakultas Arsitektur dan Desain, Kepala Biro Kerja Sama dan Relasi Publik beserta para staf.

Rektor UKDW Yogyakarta Ir Henry Feriadi, M.Sc, Ph.D menyambut baik kedatangan rombongan dari University of Marburg Jerman ini.

Dalam sambutannya, Henry Feriadi menjelaskan, UKDW Yogyakarta merupakan universitas Kristen yang mengedepankan kualitas pendidikannya.

“Melalui program ini kita dapat berbagi wawasan, menambah pengetahuan, dan mempererat hubungan antar negara,” katanya.

Sedang Prof Dr Markus Hassler mewakili University of Marburg Jerman menyampaikan, tujuan dari kunjungan mereka ke Indonesia adalah ingin memberikan pengalaman belajar kepada para mahasiswanya mengenai pembangunan dan kehidupan di pemukiman Kota Yogyakarta.

“Selain itu, kami juga tertarik untuk mempelajari kebijakan-kebijakan yang dibuat oleh Pemerintah setempat dan isu-isu yang sedang berkembang di Indonesia,” jelasnya.

Turut menyambut kedatangan rombongan adalah Kaprodi Arsitektur UKDW Yogyakarta Dr Ing Sita Yuliastuti Amijaya, ST, M.Eng.

Sita Yuliastuti Amijaya mengatakan, UKDW Yogyakarta memiliki keunggulan dalam hal tektonika arsitektur, memahami kehidupan kampung kota, peduli pada lingkungan, dan berjiwa entrepreneur.

“Kami akan segera membuka Program Profesi Arsitek yang mengedepankan ecodesign dan technopreneurship sehingga mahasiswa kami dapat memahami aspek sosial budaya, nilai-nilai kearifan lokal, dan teknologi yang ada untuk dimanfaatkan secara kreatif dalam proses perancangan lingkungan buatan yang mengedepankan prinsip-prinsip keberlanjutan,” paparnya.

Pada kunjungan ini, rombongan dari University of Marburg juga mendapatkan kesempatan untuk mendengarkan pemaparan mengenai “Rural and Urban Development in Yogyakarta” yang disampaikan oleh Koordinator Laboratorium Lingkungan Kota dan Permukiman UKDW Yogyakarta  Dr Ing Paulus Bawole, MIP.

Paulus Bawole menerangkan, pembangunan pemukiman di Yogyakarta mulai mengintensifkan kolaborasi Pemerintah setempat dengan masyarakat sekitar.

“Sinergi antara Pemerintah dan masyarakat sangat dibutuhkan untuk membuat lingkungan sekitar pemukiman kampung kaum marginal menjadi lebih baik,” terangnya.

Selanjutnya, rombongan ini juga diajak untuk berkeliling di Kampung Klitren Lor, Gondokusuman, Yogyakarta bersama para mahasiswa Prodi Arsitektur UKDW Yogyakarta untuk mengamati karakteristik ruang pada pemukiman padat dan berinteraksi langsung dengan masyarakat setempat. (L Sukamta/*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *