Saturday, 20 Apr 2019


Tumbuhkan Kedaulatan Memilih, Perupa Lima Benua Gelar Pameran “Soverign Voters”

Lima Benua berfoto bersama Apriliani Otto Saksono dan Pantoro, Senin (15/4/2019) siang.

WartaKita.org – Perupa Lima Benua menggelar pameran bertajuk “Soverign Voters” atau “Pemilih Berdaulat” di Sanggar Lima Benua di Desa Belang Wetan, Kecamatan Klaten Utara, Kabupaten Klaten mulai Senin sampai Minggu (15-21/4/2019).

Dalem pameran ini, Lima Benua (Liben) memajang 66 lukisan unik yang mengangkat tema pemilih berdaulat menjelang Pemilu 17 April 2019 mendatang. Lukisan ini dibuat di kanvas berbahan kertas dengan menggunakan arang hitam atau bekas kayu yang dibakar.

Karya lukisan itu dipamerkan di berbagai sudut ruangan sanggar, mulai dari dinding ruang tamu, teras rumah, gang jalan, bahkan di kamar mandi. Lukisan berupa sketsa wajah manusia ini menggambarkan ekspresi seseorang dari beragam sifat yang mengandung nilai kerakyatan.

Liben menjelaskan, makna lukisan yang diangkat kali ini adalah pemilih berdaulat. Melalui kesenian itu, dia ingin menumbuhkan kesadaran kedaulatan individu dalam memilih. Menurutnya, semua harus sadar dalam memilih dan menentukan arah politik. Sebab hal itu berkaitan dengan masa depan.

“Kalau semua sadar memilih pemimpinnya dengan hati nurani, maka pemimpin itu juga akan bekerja dengan benar. Dan pada saat itulah rakyat akan merasakan kemakmuran,” katanya.

Liben menyatakan, dalam pameran ini juga dipajang karya bertema ManuPlop atau Manusia Amplop dan dan ManuJar atau Manusia Serangan Fajar. Fenomena ini sengaja dituangkan dalam sebuah seni lantaran masih banyak adanya tindakan-tindakan money politik sebelum pemilihan.

“Ini yang penting saat menjelang pemilihan. Maka, kita perlu mengekspresikan semua itu agar masyarakat yang melihat bisa sadar. Karena itu adalah carut marut realita sosial yang dilihat sebelum tanggal 17 April ini. Dengan adanya lukisan-lukisan ini diharapkan bisa menginisiasi lahirnya kesadaran dan kedaulatan individu dalam menentukan arah politiknya,” ujarnya.

Pameran lukisan ini dibuka oleh aktifis perempuan Klaten, Apriliani Otto Saksono pada Senin (15/4/2019) siang. Dalam sambutan, Apriliani mengapresiasi karya dan upaya yang dilakukan Liben selama ini.

“Saya berharap, Liben terus berkarya, dan terus menjaga idealismenya. Karena tidak banyak orang muda yang seperti Liben ini,” ucapnya.

Sedang Kepala Dinas Kebudayaan Pariwisata Pemuda dan Olahraga Kabupaten Klaten Pantoro menyambut baik pameran lukisan ini.

“Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Klaten terus mendukung dan mendorong masyarakat untuk terus berkarya dan berkesenian. Maka kalau mau pameran, silahkan, bisa menggunakan Pendopo Monumen Juang Sangkal Putung itu,” tandasnya. (L Sukamta)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *