Saturday, 8 Aug 2020


TMMD Sengkuyung Dan KBMKB Ditutup, Dandim Klaten: Pelihara Terus Semangat Gotong Royong

Dandim 0723 Klaten Letkol Kavaleri Minarso (tengah) berfoto bersama perwakilan Forkompinda Klaten, Rabu (29/7/2020) pagi.

WartaKita.org – Program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Sengkuyung Tahap II Tahun Anggaran 2020 yang dilaksanakan di Desa Demangan, Kecamatan Karangdowo dan Karya Bhakti Mandiri Klaten Bersinar (KBMKB) ke 5 di Desa Nglinggi, Kecamatan Klaten Selatan dan KBMKB ke 6 di Desa Sawahan, Kecamatan Juwiring  resmi ditutup secara bersamaan oleh Komandan Kodim (Dandim) 0723 Klaten Letkol Kavaleri Minarso di halaman Pendopo Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Klaten, Rabu (29/7/2020) pagi.

Perwira Seksi Teritorial (Pasiter) Kodim 0723 Klaten Lettu Arh Marsono dalam laporan menyampaikan, program TMMD Sengkuyung Tahap II dimulai 30 Juni sampai dengan 29 Juli 2020. Kegiatan yang berhasil dilaksanakan yakni pembangunan jalan cor beton sepanjang 500 meter, lebar 3 meter, dan tebal 15 cm, talut panjang 400 meter, lebar 40 cm, dan tinggi 1 meter, serta sasaran tambahan berupa rehab Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) 9 unit, jamban keluarga 5 unit, dan rehab tempat ibadah 1 unit yang kesemuanya dapat diselesaikan 100 persen.

Kemudian, imbuh Lettu Arh Marsono, KBMKB ke 5 di Desa Nglinggi, Kecamatan Klaten Selatan waktu pelaksanaan tanggal 20 Februari sampai  19 Maret 2020. Sasaran pokok berupa betonisasi jalan panjang 1.450 meter, lebar 3 meter, dan tebal 10 cm, pembangunan talut panjang 802 meter, lebar 45 cm dan tinggi 1 meter, serta sasaran tambahan berupa rehab RTLH 10 unit, jamban keluarga 8 unit, dan rehab tempat ibadah 1 unit yang kesemuanya dapat diselesaikan 100 persen.

Selanjutnya, kata Lettu Arh Marsono, untuk KBMKB ke 6 di  Desa Sawahan, Kecamatan Juwiring  diadakan mulai  23 Juni sampai 22 Juli 2020. Sasaran pokok berupa betonisasi jalan di Desa Sawahan dengan panjang 1.450 meter, lebar 3 meter, dan tebal 10 cm, serta sasaran tambahan berupa rehab RTLH 10 unit, jamban kelurga 9 unit, dan rehab tempat ibadah 1 unit yang kesemuanya dapat diselesaikan 100 persen.

Dandim 0723 Klaten Letkol Kavaleri Minarso dalam amanatnya mengatakan, TMMD Sengkuyung tahap II mengambil tema “TMMD Pengabdian untuk Negeri”. Makna yang terkandung dari tema tersebut adalah bahwa TNI bersama dengan Pemerintah Daerah dan masyarakat secara bersama-sama melaksanakan proses percepatan pembangunan terhadap fasilitas umum maupum fasilitas sosial untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

“Selama satu bulan para personil TNI, Pemerintah Daerah, dan masyarakat saling bahu membahu menyelesaikan program TMMD Sengkuyung tahap II dan Karya Bakti Mandiri Klaten Bersinar. Kebersamaan ini merupakan wujud sinegritas yang positif dalam menyiapkan ruang, alat, dan kondisi juang yang tangguh untuk kepentingan Pertahanan Negara,” katanya.

Letkol Kavaleri Minarso mengucapkan  terima kasih kepada Pemerintah Daerah serta semua pihak yang terlibat dan telah membantu kegiatan TMMD Sengkuyung tahap II dan Karya Bakti Mandiri Klaten Bersinar baik secara moril maupun materiil sehingga kegiatan ini dapat terselenggara dengan sukses, aman, dan lancar sesuai dengan harapan  bersama.

Dandim 0723 Klaten berharap, agar masyarakat memelihara terus semangat kebersamaan dan kemanunggalan antara TNl-rakyat, menyelesaikan permasalahan dan  memberikan kontribusi untuk membantu meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

“Pelihara terus semangat gotong royong sebagai warisan budaya bangsa yang sudah terbina dengan baik selama ini. Mari kita rawat hasil program TMMD dan KBMKB ini agar manfaatnya dapat dinikmati oleh warga  dalam kurun waktu yang lama,” harapnya.

Acara penutupan ini dihadiri Sekda Klaten Jaka Sawaldi, Wakapolres Klaten Kompol Adi Nugroho, Asisten I Sekda Klaten Ronny Roekminto, Asisten III Sri Winoto, serta sejumlah pejabat lainnya. Kegiatan penutupan tersebut  dilaksanakan dengan protokol kesehatan pencegahan Covid-19. (L Sukamta)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *