Wednesday, 17 Jul 2019


TMMD Percepat Pembangunan Daerah, Tingkatkan Kesejahteraan Masyarakat

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo memberikan bantuan kepada warga pada upacara pembukaan TMMD di Desa Jimbung, Kamis (11/7/2019).

WartaKita.org – TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Reguler 105 Tahun 2019 wilayah Kodim 0723/Klaten yang dilaksanakan di Desa Jimbung, Kecamatan Kalikotes, Kabupaten Klaten secara resmi dibuka oleh Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo di Lapangan Trimurti Dukuh Marangan, Desa Jimbung pada Kamis (11/7/2019) pagi.

TMMD Reguler 105 tahun 2019 Kodim 0723/Klaten ini mengusung tema “Bersama TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Membangun untuk Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat”.

Upacara pembukaan TMMD Reguler 105 Tahun 2019 diawali dengan pemeriksaan pasukan oleh Gubernur Jateng, dilanjutkan laporan Dansatgas TMMD Letkol Inf Eko Setyawan, penerimaan alat kerja dan penandatanganan naskah penyerahan proyek dari Gubernur kepada Pangdam IV/Diponegoro, serta pemukulan kentongan oleh Gubernur Jateng sebagai tanda dimulainya TMMD Reguler 105 Tahun 2019.

Dansatgas TMMD yang juga Komandan Kodim 0723/Klaten Letkol Inf Eko Setyawan dalam laporan menyampaikan, kegiatan TMMD di Desa Jimbung ini meliputi kegiatan fisik, kegiatan non fisik berupa penyuluhan, dan kegiatan khusus.

Untuk kegiatan fisik berupa pembangunan jembatan dengan panjang 12 meter, lebar 3 meter, dan tinggi 4,5 meter, betonisasi jalan dengan panjang 900 meter, lebar 3 meter, dan tebal 15 cm, pembangunan talud dengan panjang 470 meter, tebal 1 meter, dan lebar 40 cm, rehab rumah 10 unit, pembuatan jamban keluarga 10 unit, dan rehab tempat ibadah 1 unit.

Sedang kegiatan non fisik berupa penyuluhan dengan materi penyuluhan bela negara, penyuluhan peran Polri dalam mewujudkan Kamtibmas, penyuluhan radikalisme dan penyimpangannya, penyuluhan narkoba, penyuluhan keselamatan kerja dan asuransi tenaga kerja, penyuluhan hukum, serta penyuluhan perlindungan anak dari kekerasan lingkungan.

Sementara itu untuk kegiatan khusus yaitu kesenian dan olahraga, bazar, baksos pelayanan Keluarga Berencana (KB) Kesehatan, baksos pengobatan gratis dan donor darah, serta pelayanan gratis Akta, KTP dan Kartu Keluarga (KK).

Dalam sambutan, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menyatakan, TMMD adalah suatu program terpadu antara TNI dan Pemerintah Daerah yang bertujuan untuk mempercepat pelaksanaan pembangunan daerah, dengan harapan kesejahteraan masyarakat di daerah juga akan meningkat. Selain sasaran pokoknya, yaitu meningkatkan kesejahteraan masyarakat di daerah, TMMD juga bertujuan sebagai upaya mempererat kemanunggalan TNI-Rakyat.

“Program TMMD ini harus kita sukseskan bersama. Program TMMD dapat terlaksana dengan baik apabila ada gotong-royong dan kerja sama yang saling mendukung dari semua unsur yang terlibat baik TNI, Polri, Pemda maupun masyarakat,” katanya.

Gubernur Ganjar Pranowo mengatakan, titik berat Program TMMD adalah desa miskin, terisolir, dan kumuh perkotaan. TMMD sangat dibutuhkan dalam mempercepat proses pembangunan dan peningkatan kesejahteraan masyarakat Indonesia, khususnya warga Jateng.

“Saya mengajak seluruh hadirin agar senantiasa melanjutkan karya bhakti dan pengabdian kepada Ibu Pertiwi serta berusaha meningkatkan kesejahteraan masyarakat pedesaan di negeri ini. Prinsipnya, dari desa untuk Indonesia,” tandasnya.

Pada upacara pembukaan TMMD ini juga dilaksanakan acara tambahan, yaitu pemberian sejumlah bantuan dari Pemprov Jateng kepada warga, pertunjukan kesenian Jatilan, pentas Dangdut Putra Dewa , bazar murah, pelayanan pembuatan KK, Akta Kelahiran, KTP, bhakti sosial dan pelayanan KB, serta peninjauan lokasi sasaran.

Turut hadir dalam upacara pembukaan TMMD ini diantaranya Kasdam IV Diponegoro, Danrem 074 Warastratama, Wakapendam IV/Diponegoro, Dandim se Solo Raya, Kapolres Klaten, Bupati Klaten, Asisten Setda Klaten, Danramil Jajaran Kodim 0723/Klaten, Camat, Kades se Kecamatan Kalikotes, dan undangan lainnya. (L Sukamta)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *