Saturday, 24 Aug 2019


Tim Penelitian FTI UKDW Yogyakarta Kembangkan Web Mapping System Lahan Pertanian

Pengunjung sedang melihat aneka produk yang dipamerkan dalam gelar teknologi pertanian di Pandak.

WartaKita.org – Badan Penyuluhan dan Pertanian (BPP) Kecamatan Pandak, Kabupaten Bantul mengadakan Gelar Teknologi Pertanian di kantor setempat selama tiga hari,yaitu Kamis – Sabtu (27-29/6/2019).

Gelar Teknologi Pertanian yang mengusung tema “Melalui Efisiensi dan Diversifikasi Kita Wujudkan Kesejahteraan Petani” ini diikuti oleh empat desa, yaitu Desa Caturharjo, Wijirejo, Triharjo, dan Gilangharjo.

Tim penelitian Fakultas Teknologi Informasi (FTI) Universitas Kristen Duta Wacana (UKDW) Yogyakarta juga mengikuti gelar teknologi pertanian ini.

Pada hari pertama dan kedua gelar teknologi pertanian ini diisi dengan pameran teknologi pertanian dari masyarakat tani yang diwakili oleh sejumlah Kelompok Tani (Poktan) dan Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) di Kecamatan Pandak. Sedang pada hari ketiga diisi dengan aneka lomba, pembagian doorprize, serta penutupan acara.

Tim penelitian FTI UKDW Yogyakarta mengembangkan Web Mapping System Lahan Pertanian pada gelar teknologi pertanian ini.

Tim Penelitian terdiri dari 4 orang dosen, yaitu Halim Budi Santoso dari Program Studi Sistem Informasi selaku ketua tim penelitian, Argo Wibowo dari Prodi Sistem Informasi, Rosa Delima dari Prodi Informatika, dan Antonius Rachmat Chrismanto dari Prodi Informatika. Selain itu, penelitian ini juga melibatkan beberapa mahasiswa Prodi Sistem Informasi dan Informatika UKDW Yogyakarta.

Pengembangan sistem ini didanai oleh dana hibah Penelitian Terapan Unggulan Perguruan Tinggi (PTUPT) Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Ristek Dikti) RI. Penelitian ini mencoba untuk melakukan pengembangan sistem pemetaan lahan pertanian dan bekerjasama dengan Kelompok Tani Tani Harjo dan Tani Rahayu dari Desa Gilangharjo.

Web Mapping System memiliki kemampuan untuk mengukur dan mengetahui letak lahan pertanian serta detail dari lahan pertanian yang dimiliki oleh setiap petani yang ada sehingga dapat membantu petani dalam proses produksi hasil panen. Web Mapping System juga digunakan untuk memberikan informasi terkait dengan status pengolahan lahan dan tanaman komoditas yang di tanam pada lahan tersebut.

Dengan menggunakan Web Mapping System, petani dan kelompok tani sebagai pengguna akhir mendapatkan informasi dan pengetahuan mengenai lahan pertanian beserta dengan produk pertanian yang sedang diproduksi. Melalui aplikasi dan teknologi ini diharapkan para petani dapat lebih maju dan berkembang dalam pengelolaan lahan pertanian yang dimilikinya. (L Sukamta/*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *