Saturday, 15 Dec 2018


Temuan Kasus HIV/AIDS di Klaten Terus Meningkat 

Acara sosialisasi pencegahan HIV/AIDS dalam rangka peringatan Hari AIDS Sedunia di ruang rapat paripurna DPRD Klaten, Selasa (4/12/2018).

Wartakita.org – Temuan kasus HIV/AIDS di Kabupaten Klaten dari waktu ke waktu cenderung terus meningkat.

Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Klaten mencatat, sejak tahun 2007 hingga Oktober tahun 2018 ini, di Kabupaten Klaten terdapat temuan 737 kasus HIV/AIDS. Dari jumlah tersebut, sebanyak 58 orang dilaporkan telah meninggal dunia.

Pada acara sosialisasi pencegahan HIV/AIDS dalam rangka peringatan Hari AIDS Sedunia di ruang rapat paripurna DPRD Klaten pada Selasa (4/12/2018), Sekretaris Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) Kabupaten Klaten Kuswandjana menjelaskan, dari temuan sejumlah 737 kasus tersebut, perinciannya adalah 400 untuk kasus HIV dan 337 untuk kasus AIDS.

“Yang terpantau di Klaten saat ini, penderita HIV/AIDS rata-rata berusia produktif, atau berusia sekitar 20 tahun hingga 49 tahun, dan didominasi oleh pria, yaitu sejumlah 66 persen,” katanya.

Kuswanjana menyatakan, dengan meningkatnya temuan kasus HIV/AIDS di Klaten ini, maka sosialisasi pencegahan HIV/AIDS perlu ditingkatkan dengan melibatkan semua pemangku kepentingan.

“KPA Klaten tentu saja tidak bisa berbuat sendiri untuk mencegah HIV/AIDS. Kami membutuhkan dukungan dan keterlibatan dari semua pihak. Sosialisasi seperti ini hanyalah salah satu acara pencegahan HIV/AIDS agar temuan kasus HIV/AIDS tidak bertambah banyak,” ujarnya.

Sedang Sekda Klaten Jaka Sawaldi mengatakan, pencegahan HIV/AIDS di Klaten harus dilakukan secara terpadu dan terkoordinir antara Pemerintah dengan seluruh komponen masyarakat, sehingga ada kesamaan visi dan misi dalam pencegahan dan penanggulangan HIV/ AIDS ini.

“Dari sinilah semua dapat bergerak dengan pengetahuan yang sama, sehingga harapannya pencegahan HIV/AIDS dapat dilakukan, dapat mengurangi tingkat penularan, dan menghilangkan stigma buruk terhadap ODHA (orang dengan HIV/AIDS) di Klaten,” ucapnya.

Sementara itu Penggiat KPA Klaten, Fauzi menyampaikan, meningkatnya angka temuan kasus HIV/AIDS di Klaten ini menjadi permasalahan yang serius sehingga perlu ada dukungan dan keterlibatan semua pihak.

“Kita prihatin kalau melihat angka temuan kasus HIV/AIDS di Klaten yang terus meningkat. Apalagi dari jumlah tersebut, ada 2 ASN (aparatur sipil negara) yang terlaporkan HIV/AIDS. Ini adalah masalah kita bersama masyarakat Klaten. Kita berharap, pada tahun mendatang kasus HIV/AIDS di Klaten dapat menurun,” harapnya. (L Sukamta)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *