Sunday, 15 Dec 2019


Tari Ledek Tembayatan Meriahkan Upacara Penutupan TMMD Kodim Klaten

Siswa SMP Pangudi Luhur Klaten saat menampilkan Tari Ledek Tembayatan di Lapangan Trimurti Dukuh Marangan, Kamis (8/8/2019) pagi.

WartaKita.org – Tari Ledek Tembayatan yang dimainkan oleh sembilan siswa SMP Pangudi Luhur Klaten ikut memeriahkan upacara penutupan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Reguler 105 Kodim 0723/Klaten di Lapangan Trimurti Dukuh Marangan, Desa Jimbung, Kecamatan Kalikotes, Kamis (8/8/2019) pagi.

Tampilan para penari tersebut memukau para hadirin, termasuk menarik perhatian Danrem 074 Warastratama Kolonel Inf Rafael Granada Baay.

Dandim O723/Klaten Letkol Inf Eko Setyawan mengatakan, pihaknya sengaja menampilan potensi seniman lokal yaitu Tari Ledek Tembayatan. Ini juga dalam rangka untuk memberdayakan potensi kesenian lokal.

“ Tari Ledek Tembayatan merupakan salah satu bentuk tarian Jawa klasik yang berasal dari wilayah Klaten. Dan biasanya dibawakan untuk pertunjukan atau menyambut tamu. Selain itu, pertunjukan Tari Ledek Tembayatan  ini sengaja untuk mengenalkan, meningkatkan kualitas, dan melestarikan kebudayaan yang ada, “ katanya.

Sementara itu Kades Jimbung Siti Sumarsih mengucapkan terima kasih atas penampilan para seniman lokal di upacara penutupan TMMD Kodim Klaten.

“ Mudah-mudahan dengan event ini ke depan akan ada upaya lebih serius untuk mempertahankan kesenian trasional,” harap Kades Jimbung. (L Sukamta/*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *