Saturday, 15 Dec 2018


Tampung Potensi Dan Jalin Silaturahim, KMJ Klaten Adakan Lomba Musik Seniman Jalanan 

Peserta lomba musik seniman jalanan sedang menampilkan kemampuannya.

Wartakita.org – Kelompok Musik Jalanan (KMJ) Klaten mengadakan lomba musik seniman jalanan di halaman RSPD Klaten, Selasa (4/12/2018). Lomba musik seniman jalanan diikuti lima kelompok dari berbagai kecamatan di Klaten.

Ketua panitia lomba musik seniman jalanan, Sigit Nugroho didampingi Wakil ketua panitia, Henu Ispitoyo mengatakan, lomba musik anak jalanan ini bertujuan untuk menampung potensi seniman jalanan sekaligus untuk menjalin silaturahim sesama seniman jalanan. Lomba musik seniman jalanan menghadirkan dua dewan juri, yaitu Yoyok dari Karangduwet, Klaten dan Gigi dari Kahuman, Klaten.

“Ada lima kelompok yang tampil pada lomba ini, yaitu Sapto Grup Mustika, Temon Grup Nyusahke Konco, Didik Grup Babakan, Tomo Grup Sak-Sake dan Bagong Crew. Sedang hadiah lomba merupakan bantuan dari Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Klaten,” katanya.

Sigit Nugroho menjelaskan, di Klaten jumlah kelompok seniman jalanan mencapai 50 kelompok dan dalam mengamen tidak hanya di bus jurusan Jogjakarta-Solo saja. Namun juga banyak mengamen di sejumlah Pedakang Kaki Lima (PKL), baik di dalam kota Klaten maupun di kota kecamatan. Ada juga kelompok pengamen yang mengamen di tengah masyarakat, baik di kota maupun di desa di Klaten.

“Para pengamen dalam bekerja tetap menjunjung tinggi sopan santun, tata krama, dan tetap mengedepankan etika. Kelompok seniman jalanan Klaten berharap agar Dewan Kesenian Klaten berkenan memberikan pembinaan dan bimbingan, sehingga seniman jalanan di Klaten ke depan semakin baik dan semakin diterima di tengah masyarakat,” harapnya.

Sedang salah satu dewan juri, Yoyok menyampaikan, pada lomba musik seniman jalanan ini, setiap kelompok bebas menampilkan lagu yang dilombakan. Kreteria penilaian meliputi penguasaan alat musik dan vokal.

“Berdasarkan penilaian dan pengamatan dewan juri, seniman jalanan di Klaten sudah cukup baik dalam membawakan lagu, baik penguasaan alat musik maupun olah vokalnya,” ujarnya.

Tampak menyaksikan lomba musik seniman jalanan antara lain pembina sekaligus penasehat seniman jalanan Klaten Komariah, Kabag Humas Klaten Wahyudi Martono, dan sejumlah pengurus Dewan Kesenian Kabupaten Klaten.  (L Sukamta)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *