Tuesday, 19 Nov 2019


Tampil Pertama Kali, SMP Pangudi Luhur 1 Klaten Raih Juara Umum Festival Ketoprak Pelajar

SMP Pangudi Luhur 1 Klaten (Palusaka) berhasil meraih juara umum Festival Ketoprak Pelajar Tingkat SMP Kabupaten Klaten.

WartaKita.org – Rasa syukur dan kebanggaan sangat dirasakan oleh seluruh warga SMP Pangudi Luhur 1 Klaten.

Pertama kali mengikuti ajang Festival Ketoprak Pelajar (FKP) Kabupaten Klaten 2019, SMP Pangudi Luhur 1 Klaten (Palusaka) berhasil menyabet sembilan kejuaraan sekaligus.

Kejuaran yang berhasil diraih itu adalah Juara 3 Kategori Pemeran Perangan, Juara 1 Kategori Pemeran Pembantu Putra, Juara 2 Kategori Pemeran Putri Terbaik, Juara Terbaik 1 Kategori Tata Kostum, Juara 2 Kategori Sutradara Terbaik, Juara 1 Kategori Dagelan, Juara Terbaik 1 Kategori Artistik, Juara 1 Penyaji Terbaik, dan Juara Umum untuk Festival Ketoprak Pelajar Tingkat SMP.

Kesuksesan yang diraih oleh SMP Pangudi Luhur 1 Klaten dalam ajang yang diselenggarakan oleh Amigo Peduli Budaya ini tidak terlepas dari jerih payah dan semangat dari para pelatih, pendamping, dan pemeran ketoprak.

Meskipun sempat merasa ragu untuk mengikuti festival yang sangat bergengsi ini, para pemeran, pelatih, dan pendamping tidak pantang menyerah untuk mempersiapkan segala keperluan semaksimal mungkin.

Inilah yang disebut dengan “proses yang tidak akan mengkhianati hasil”. Proses yang dilalui untuk mengikuti festival ini begitu panjang. Proses tersebut dimulai dari pemilihan para pemeran dengan seleksi, penghafalan dialog dan penghayatan peran, hingga ke pementasan.

Di balik semua itu, ternya ada banyak cerita lucu dan mengesan yang mengiringi perjuangan para pelatih dan pemeran ketoprak ini. Mulai dari anak-anak yang kesulitan dalam berdialog dengan bahasa Jawa, anak-anak yang sulit untuk disiplin waktu saat latihan, dan kelucuan lainnya. Tentu saja segala proses tersebut berbuah sangat manis dengan kejuaraan yang didapatkan oleh Palusaka.

Kepala SMP Pangudi Luhur 1 Klaten Bruder Agustinus Sudarmadi FIC mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung dan mengajak semua warga sekolah untuk tetap bersyukur dan rendah hati.

“Semoga di festival selanjutnya, SMP Pangudi Luhur 1 Klaten bisa ikut lagi, dan bisa mendapatkan juara kembali. Tetap rendah hati dan selalu berjaya untuk Palusaka,” katanya. (ls)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *