Sunday, 15 Dec 2019


Srawung Lintas Iman, Umat Bernardus Kalitengah Dan Warga Bersihkan Halaman Pura Garuman

Umat dan warga berfoto bersama di depan Pura Mahawreksa Garuman.

Wartakita.org – Umat Lingkungan Santo Bernardus Kalitengah Paroki Santa Maria Bunda Kristus Wedi, Kabupaten Klaten melakukan kerja bakti membersihkan lapangan bola voly “Rajawali” dan halaman Pura Mahawreksa di Dukuh Garuman, Desa Kalitengah, Kecamatan Wedi, pada Minggu (4/3/2018) pagi.

Gotong-royong ini diikuti oleh umat Lingkungan Bernardus Kalitengah, umat Hindu, dan warga sekitar. Mereka guyub rukun membersihkan lingkungan sekitar tanpa sekat, serta tidak membedakan agama dan keyakinan. Dari anak-anak hingga orangtua terlibat dalam gerakan kebersihan yang diinisiasi oleh Lingkungan Bernardus Kalitengah ini.

Ketua Lingkungan Santo Bernardus Kalitengah, Emanuel Subiyanto mengatakan, gotong-royong membersihkan lingkungan seperti ini rutin dilakukan oleh umat setempat. Kebetulan, gotong-royong kali ini bersamaan dengan masa prapaskah dan menjelang Hari Raya Nyepi.

“Maka, atas kesepakatan umat saat pertemuan atau renungan Aksi Puasa Pembangunan (APP), kita membersihkan lapangan bola voly dan halaman pura. Jadi prinsipnya, kita ngiras-ngirus (sekalian berkegiatan). Selain membersihkan lingkungan, juga sebagai upaya untuk srawung lintas iman, serta membantu umat Hindu dalam menyiapkan Hari Raya Nyepi,” katanya.

Apa yang dilakukan umat Lingkungan Santo Bernardus Kalitengah ini ditanggapi baik oleh umat Hindu Garuman. Mereka mengapresiasi positif kegiatan gotong-royong ini.

“Gotong-royong membersihkan lingkungan dan halaman pura ini sungguh merupakan kegiatan yang baik. Umat dari berbagai agama terlibat dalam satu kegiatan. Selain lingkungan menjadi bersih, kita juga semakin rukun. Sungguh, gotong-royong seperti ini layak diapresiasi dan perlu ditiru masyarakat yang lain dalam menjaga keberagaman dan kerukunan,” ucap Upani, umat Hindu Garuman. (L Sukamta)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *