Monday, 16 Sep 2019


Sosialisasikan 4 Pilar, MPR RI Gelar Wayang Kulit di Basin

Para pejabat dan dalang berfoto bersama sebelum pagelaran wayang kulit di lapangan Desa Basin, Sabtu (7/9/2019) malam.

WartaKita.org – Majelis Permusyawaratan Rakyat Republik Indonesia (MPR RI) mengadakan sosialisasi 4 pilar dengan menggelar pentas wayang kulit di Lapangan Sosrobahu Desa Basin, Kecamatan Kebonarum, Kabupaten Klaten pada Sabtu (7/9/2019) malam.

Melalui pagelaran wayang kulit semalam suntuk ini, MPR RI mensosialisasikan Pancasila, UUD Negara Republik Indonesia 1945, Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), dan Bhinneka Tunggal Ika. Pagelaran wayang kulit dengan lakon “Semar Mbangun Jiwa” ini dimainkan oleh Dalang Ki Jatmiko Anom Saputra (putra dari dalang kondang Ki Anom Suroto) dari Solo.

Hadir dalam pagelaran wayang kulit ini Wakil Ketua MPR RI Hidayat Nur Wahid, anggota DPR RI dari Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Abdul Kharis Almasyhari, Bupati Klaten yang diwakili Kepala Diskominfo Amin Mustofa, sejumlah anggota DPRD Klaten dari PKS, Camat Kebonarum Sutopo, Kades Basin Mustafa Kamal, dan undangan lainnya.

Dalam laporan Kepala Bagian Transportasi dan Akomodasi Sekretariat Jenderal (Sekjen) MPR RI Purwadi menyampaikan, sosialisasi 4 pilar MPR RI sudah dilakukan sejak tahun 2005. Diantaranya melalui lomba cerdas cermat. Forum Group Discusian (FGD), seminar, simposium, dan lainnya. Dan belakangan ini, sosialisasi 4 pilar MPR RI dilakukan melalui pagelaran seni budaya.

“Tidak hanya melalui pagelaran wayang kulit saja. Tetapi disesuaikan dengan budaya lokal setempat. Intinya, MPR RI ingin memasyarakatkan 4 pilar agar diketahui dan dipahami serta dilaksanakan oleh masyarakat dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara,” katanya.

Sedang Hidayat Nur Wahid menyatakan, MPR RI berkewajiban untuk mensosialisasikan 4 pilar, yaitu Pancasila, UUD NRI 1945, NKRI, dan Bhinneka Tunggal Ika kepada masyarakat. Di sisi lain, Pemerintah juga wajib memajukan kebudayaan.

“Karena itu, pagelaran wayang kulit dalam rangka sosialisasi 4 pilar ini adalah kolaborasi dari upaya untuk melestarikan kebudayaan yang ada dan mensosialisasikan 4 pilar. Saya berharap, Pancasila tidak hanya dihafalkan saja, tetapi yang lebih penting diamalkan dan dilaksanakan dalam berbagai sendi kehidupan,” ujarnya.

Sementara itu Kades Basin Mustafa Kamal menyambut baik pagelaran wayang kulit di lapangan Desa Basin ini.

“Terima kasih kepada MPR RI yang telah memilih lapangan Desa Basin untuk ajang pagelaran wayang kulit . Semoga pagelaran wayang kulit ini bisa memberikan hiburan dan tuntunan kepada masyarakat,” ucapnya. (L Sukamta)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *