Wednesday, 17 Jul 2019


SMKN 1 Klaten Mewisuda 518 Siswa, 31 Anak Mendapat Nilai Sempurna

Kepala SMKN 1 Klaten Budi Sasangka menyematkan samir kepada kepada siswa peraih nilai tertinggi di kompetensi keahlian.

WartaKita.org – SMK Negeri 1 Klaten mewisuda purnasiswa dan melepas 518 siswa Kelas XII tahun pelajaran 2018/2019 di aula indoor sekolah setempat, Senin (13/5/2019) siang.

Acara wisuda purnasiswa dan pelepasan siswa SMKN 1 Klaten ini mengusung tema “Mengukir kenangan, menggapai harapan”.

Prosesi wisuda dan pelepasan siswa secara simbolis dilakukan oleh Kepala SMKN 1 Klaten Budi Sasangka dan kemudian dilanjutkan oleh para wali kelas dari kompetensi keahlian.

Dalam sambutan, Kepala SMKN 1 Klaten Budi Sasangka menyampaikan, 518 siswa yang diwisuda itu berasal dari 6 kompetensi keahlian, yaitu Teknik Komputer dan Jaringan sebanyak 96 siswa, Multimedia 69 siswa, Seni Broadcasting dan Film 62 siswa, Akuntansi dan Keuangan Lembaga 130 siswa, Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran 99 siswa, serta Bisnis Daring dan Pemasaran 62 siswa.

Budi Sasangka menjelaskan, ada sebanyak 9.202 siswa SMK di Kabupaten Klaten yang mengikuti Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) pada tahun 2019 ini. Dari jumlah tersebut, sebanyak 61 siswa berhasil mendapatkan nilai sempurna atau nilai 100 pada mata pelajaran Bahasa Indonesia dan Matematika.

“Ada 43 siswa SMK di Klaten yang mendapat nilai 100 pada mata pelajaran Bahasa Indonesia dan 18 siswa pada mata pelajaran Matematika. Dari 43 siswa yang mendapat nilai sempurna pada mata pelajaran Bahasa Indonesia itu, sebanyak 14 siswa dari SMKN 1 Klaten. Dan dari 18 siswa yang mendapat nilai sempurna pada mata pelajaran Matematika itu, sebanyak 17 siswa dari sekolah ini,” katanya.

Budi Sasangka menyatakan, siswa SMKN 1 Klaten juga berhasil meraih nilai tertinggi UNBK SMK di Klaten, yaitu 370. Bahkan, dari 10 besar peraih nilai tertinggi UNBK SMK di Klaten, 8 siswa diantaranya berasal dari sekolah yang terletak di Jalan Dr Wahidin Sudiro Husodo 22 Klaten itu.

“Untuk nilai rata-rata UNBK juga diraih SMKN 1 Klaten, yaitu dengan nilai 269,6,” ujarnya.

Kepala sekolah yang akan memasuki purna tugas ini menambahkan, dari sebanyak 518 siswa SMKN 1 Klaten yang mengikuti UNBK, semuanya dinyatakan lulus atau lulus 100 persen. Tak hanya itu, dari siswa sejumlah itu, sebanyak 37 siswa telah diterima di Perguruan Tinggi baik negeri maupun swasta, dan sebanyak 59 siswa telah diterima di dunia kerja sebelum pengumuman UNBK ini disampaikan ke siswa.

“Prestasi ini menjadi “kado terindah” bagi saya yang akan purna tugas. Untuk itu, terima kasih kepada para siswa Kelas XII yang telah memberikan prestasi yang terbaik pada sekolah. Dan juga terima kasih kepada para guru dan karyawan yang telah memberikan pelayanan dan pembelajaran yang terbaik,” ucapnya.

Pada kesempatan itu, Kepala  SMKN 1 Klaten juga memberikan “reward” kepada siswa yang berhasil meraih nilai sempurna pada UNBK. Budi Sasangka juga menyematkan samir dan memberikan piagam penghargaan kepada para siswa peraih nilai tertinggi di masing-masing kompetensi keahlian. (L Sukamta)

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *