Monday, 16 Sep 2019


Semarakkan Hari Jadi Dan HUT RI, Dewan Kesenian Klaten Agendakan 24 Kegiatan

Acara jumpa pers di Kantor Dewan Kesenian Klaten, Selasa (9/7/2019).

WartaKita.org – Dewan Kesenian (Wankes) Kabupaten Klaten mengagendakan 24 event kegiatan untuk menyemarakkan peringatan Hari Jadi ke-215 Kabupaten Klaten dan HUT ke-74 RI.

Pernyataan ini disampaikan Ketua Harian Wankes Kabupaten Klaten, FX Setyawan DS pada acara jumpa pers di Kantor Wankes Komplek RSPD Klaten, Selasa (9/7/2019).

Acara jumpa pers ini dipandu Ketua V Wankes Klaten, Wahyudi Martono dan dihadiri Sekretaris Umum (Sekum) Wankes Klaten Djoko Sarjono dan Ketua Komite Teater Wankes Klaten  Joko Krisnanto. Juga dihadiri sejumlah wartawan baik dari media cetak, media elektronik, dan media dalam jaringan (daring) atau media online.

FX Setyawan DS menyampaikan, agenda untuk menyemarakkan peringatan Hari Jadi ke-215 Kabupaten Klaten dan HUT ke-74 RI tersebut berlangsung dari 4 Juli sampai 13 September 2019.

Kegiatan seni budaya itu diantaranya Ketoprak Jemuah Legen, roadshow wayang kulit, pagelaran wayang kulit malem Selasa Kliwonan, Festival Tari Kreasi, Festival Ketoprak Antar Kecamatan, Pentas Tari Topeng, Pasar Seni Kabupaten Klaten, Ketoprak Kolaborasi seniman dan pejabat Pemkab Klaten, dan pagelaran campursari.

Juga akan diadakan Pagelaran Wayang Orang, Hiburan Rakyat, Lomba Pranatacara, Fetival Karawitan dan Sindhen, Pawai Budaya, Pentas Stand Up Comedy, Pentas Srandul dan Srunthul, dan Festival Ketoprak Pelajar SMA/SMK.

“Kegiatan seni budaya ini digelar untuk menyemarakkan peringatan Hari Jadi Kabupaten Klaten ke-215 dan HUT RI ke-74. Ini dimaksudkan agar peringatan dua momen besar tersebut bisa dirasakan seluruh masyarakat, dan gaungnya bisa terdengar sampai ke pelosok Kabupaten Klaten,” katanya.

Setyawan menyatakan, pada APBD (murni) Kabupaten Klaten tahun 2019, Dewan Kesenian mendapat hibah dari Pemkab Klaten Rp 2 miliar dan pada APBD Perubahan 2019 direncanakan mendapat tambahan hibah Rp 700 juta.

“Dengan dana hibah tersebut Wankes Klaten merancang dan merencanakan sebanyak 66 kegiatan. Dan sampai dengan awal Juli 2019 ini sudah terlaksana 21 kegiatan. Sedangkan untuk menyemarakkan peringatan Hari Jadi Kabupaten Klaten ke-215 dan HUT RI ke-74, Wankes Klaten telah menyiapkan 24 kegiatan,” ujarnya.

Setyawan mengatakan, sebagai mitra Pemerintah, Wankes Klaten telah hadir di tengah masyarakat dalam meluhurkan, mengembangkan, dan melestarikan seni budaya. Wankes mempunyai semboyan nguripke (menghidupkan), ngurupke (menggairahkan), dan ngirapke (menampilkan) seni budaya yang ada di Kabupaten Klaten.

“Wankes Klaten bertekad untuk melaksanakan keinginan Bupati Klaten, yaitu melalui pagelaran seni budaya ini dapat ikut mendukung situasi yang kondusif di Klaten. Sehingga dapat menekan berbagai bentuk tindakan intoleransi atau radikalisme di wilayah Klaten,” ucapnya. (L Sukamta)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *