Wednesday, 3 Jun 2020


Selama Penyekatan, 412 Kendaraan Diputarbalikkan, Sebagian Besar Karena Tak Pakai Masker

Kasat Lantas Polres Klaten AKP Boby Anugerah Rachman.

WartaKita.org – Jajaran Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Klaten telah melakukan penyekatan pemudik dari tanggal 24 April 2020 sampai sekarang.

Hasilnya, sebanyak 412 kendaraan diputarbalikkan. Sebagian besar dari kendaraan yang diputarbalikkan itu karena tidak memakai masker.

Kasat Lantas Polres Klaten AKP Boby Anugerah Rachman, Rabu (20/5/2020), menyampaikan, dari 412 kendaraan yang diputarbalikkan itu perinciannya 252 kendaraan pribadi, 32 angkutan umum, dan 128 sepeda motor.

“Dari jumlah itu, hanya 1 atau 2 saja yang pemudik. Sebagian besar adalah warga yang tidak menggunakan masker. Karena kegiatan rutinitas warga itu dari Solo ke Yogya atau sebaliknya, untuk menemui teman atau keluarga, atau untuk bekerja,” katanya.

AKP Boby Anugerah Rachman menjelaskan, penyekatan pemudik yang dilakukan di perbatasan Klaten – Yogya, yaitu di Pos Prambanan ini akan terus digelar setiap hari sampai dengan Operasi Ketupat 2020 berakhir pada tanggal 31 Mei.

“Tiap hari kita lakukan penyekatan. Penyekatan ini untuk memantau orang yang mau masuk ke Klaten. Selama penyekatan, kita tidak temukan pemudik atau mudik terselubung,” ujarnya.

Terkait pelayanan SIM (surat izin mengemudi), AKP Boby menyatakan, setelah adanya pandemi Covid-19 ini, pemohon SIM di Polres Klaten, baik SIM baru maupun perpanjangan menurun drastis. Setiap hari, hanya sekitar 30 pemohon SIM baru ataupun perpanjangan.

“Kalau hari normal (sebelum pandemi Covid-19), dalam seminggu kita biasa melayani sekitar 300 SIM, baik baru maupun perpanjangan. Tetapi sekarang, dalam sehari hanya sekitar 30 pemohon SIM. Jadi turun drastis,” paparnya.

Sekadar informasi, pada libur Lebaran ini, pelayanan SIM, Satpas, dan Samsat di Polres Klaten akan libur dari tanggal 21 sampai 25 Mei 2020. Dan akan buka pelayanan kembali pada tanggal 26 Mei. (L Sukamta)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *