Friday, 26 Feb 2021


Sejahterakan Umat, Paroki Administratif Ketandan Programkan Pinjaman Bergulir Untuk Modal Usaha

Acara pembagian pinjaman bergulir di Paroki Administratif Santo Ignatius Ketandan beberapa waktu lalu.

WartaKita.org – Paroki Administratif Santo Ignatius Ketandan, Kabupaten Klaten terus berupaya untuk menyejahterakan umatnya. Salah satu caranya melalui program pemberian pinjaman bergulir untuk modal usaha bagi umat yang membutuhkan.

Program pinjaman bergulir ini dikelola oleh Tim Kerja Pengembangan Sosial Ekonomi (PSE) paroki setempat.

Kabid Pelayanan Kemasyarakatan (Pelkem) Paroki Administratif Santo Ignatius Ketandan Anisetus Alfrit Maryanto menyampaikan, program pinjaman bergulir ini sudah berlangsung sekitar lima tahun. Program ini bertujuan untuk membantu menyejahterakan umat dengan pemberian pinjaman bergulir untuk modal usaha, terutama bagi pelaku usaha kecil dan mikro (UKM).

“Penerima pinjaman bergulir ini rata-rata pelaku usaha kecil, seperti pedagang angkringan (hik), pedagang tempe, usaha laundry, warungan, petani, dan lain-lain. Mereka memperoleh pinjaman dari Rp400 ribu sampai Rp1,5 juta,” katanya.

Anisetus Alfrit Maryanto menjelaskan, modal awal pinjaman bergulir ini berasal dari bantuan Kevikepan. Kemudian di setiap tahunnya, mereka minta tambahan “modal” dari paroki sekitar Rp2 juta sampai Rp3 jutaan. Sehingga sampai saat ini terkumpul sekitar Rp19 juta.

“Pinjaman ini diberikan pada awal bulan Desember. Sedang pengembaliannya sesuai kesepakatan. Ada yang setiap bulan dicicil, ada yang akan dikembalikan sekaligus pada bulan November, dan sebagainya. Besarnya pinjaman disesuaikan dengan berapa kali mereka pinjam. Semakin mereka sering pinjam, dan konduitenya baik, maka akan diberi tambahan pinjaman,” terangnya.

Alfrit menyatakan, pada tahun ini, pinjaman bergulir diberikan kepada 55 penerima. Dari jumlah itu, sebagian besar sudah menikmati pinjaman bergulir lebih dari satu kali. Total pinjaman yang disalurkan sebesar Rp19 juta.

Sementara itu, untuk mengetahui tanggapan dan manfaat dari program pinjaman bergulir ini, pihak pengelola membagikan quesener kepada penerima program. Dan ternyata, semua penerima program mengaku bahwa pinjaman bergulir ini bermanfaat bagi mereka untuk menambah modal usaha.

“Pinjaman bergulir ini sangat bermanfaat bagi saya. Karena bisa membantu menambah modal. Apalagi saya sudah meminjam sebanyak empat kali,” tulis C Rahayu, warga Dukuh Macanan, Desa Karanganom, Kecamatan Klaten Utara ini. (L Sukamta/aam)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *