Tuesday, 22 Sep 2020


Sarasehan Seni Budaya Di Karanganom, Wankes: Pemerintah Wajib Majukan Kebudayaan

Sarasehan seni budaya Dewan Kesenian Kecamatan Karanganom di Pendopo Desa Brangkal, Minggu (8/3/2020).

WartaKita.org – Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah berkewajiban memajukan kebudayaan. Karena ini adalah amanat Undang Undang Nomor 5 Tahun 2017 tentang Pemajuan Kebudayaan.

Pernyataan ini disampaikan Ketua Harian Dewan Kesenian (Wankes) Kabupaten Klaten FX Setiawan DS dalam Sarasehan seni budaya Dewan Kesenian Kecamatan Karanganom yang diadakan di Pendopo Desa Brangkal, Minggu (8/3/2020).

“Pemajuan kebudayaan ini bertujuan untuk mengembangkan nilai-nilai luhur budaya bangsa, memperkaya keberagaman budaya, memperteguh jati diri bangsa, memperteguh persatuan dan kesatuan bangsa, mencerdaskan kehidupan bangsa, meningkatkan citra bangsa, mewujudkan masyarakat madani, meningkatkan kesejahteraan rakyat, melestarikan warisan budaya bangsa, dan mempengaruhi arah perkembangan peradaban dunia, sehingga kebudayaan menjadi haluan pembangunan nasional,” katanya.

FX Setiawan DS menyatakan, setelah lebih dari 70 tahun tanpa dilindungi payung hukum, maka pada era pemerintahan Presiden Joko Widodo, pelestarian seni budaya di Indonesia mulai diperhatikan dan memiliki kekuatan hukum. Ini setelah adanya UU Nomor 5 Tahun 2017 tentang Pemajuan Kebudayaan. Keberadaan UU ini dalam rangka untuk melindungi, memanfaatkan, dan mengembangkan kebudayaan Indonesia.

“Dengan adanya dasar hukum tersebut, maka Negara atau Pemerintah wajib memajukan budaya hingga di tingkat daerah. Maka, kini saatnya kita harus bangkit untuk melestarikan dan memajukan seni budaya yang ada di Kabupaten Klaten,” ujarnya.

Setiawan menambahkan, dengan adanya UU Nomor 5 Tahun 2017 dan Peraturan Daerah (Perda) Klaten, maka Bupati Klaten melalui Dewan Kesenian memiliki tanggung jawab dalam menumbuhkembangkan seni budaya di Klaten dengan strategi Tri Karsa Budaya, yaitu nguripke (menghidupkan), ngurupke (melestarikan), dan ngirabke (menampilkan atau mementaskan) seni budaya.

“Dengan ditetapkannya Perda Nomor 13 Tahun 2019 tentang Pemajuan Kesenian Daerah, maka Pemerintah Kabupaten dan masyarakat wajib mendukung pelestarian seni budaya di kecamatan dan desa,” tandasnya.

Sementara itu Camat Karanganom Slamet Samodra menyampaikan, sarasehan seni budaya Dewan Kesenian Kecamatan Karanganom ini dihadiri pejabat dari Dinas Kebudayaan Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disbudparpora) Klaten, pengurus Dewan Kesenian Klaten, Kapolsek, Danramil, Korwil Pendidikan, Kepala Desa, Ketua RT, Ketua RW, Ketua BPD, Direktur BUMDes, pelaku seni, dan lainnya.

“Untuk melestarikan dan memajukan seni budaya, kita harus selalu bersinergi. Maka, kita hadirkan panjenengan untuk duduk bersama, berembug, dan memikirkan bagaimana upaya kita dalam melestarikan dan memajukan seni budaya yang ada di Kecamatan Karanganom,” ajaknya. (L Sukamta)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *