Tuesday, 21 May 2019


“Sampah Visual” di Jalan Raya Perlu Ditata

BAGI sebagian besar masyarakat Indonesia, jalan raya merupakan area yang selalu dilewati di saat menuju tempat kerja, sekolah, ataupun berlibur.

Di jalan raya, para pengguna jalan tidak hanya mengendarai kendaraannya saja, tetapi juga ingin melihat suasana di sekitar jalan yang dilewatinya. Namun saat ini, jalan raya tidak hanya dijadikan sebagai tempat lalu lintas kendaraan saja. Tetapi juga sebagai tempat promosi atau iklan.

Seperti Jalan Kaliurang di Kabupaten Sleman. Di Jalan Kaliurang ini, banyak terdapat banner, baliho, umbul – umbul dan sebagainya yang dipasang di pinggir jalan, melintang di tengah jalan, dan poster-poster yang ditempel di tembok.

Sangat disayangkan, bagian dari ruang publik seperti ini harus “dikotori” dengan adanya media promosi yang kurang ditata dengan baik. Memang tidak ada salahnya promosi dengan cara ini. Tetapi banyak juga pemasangan ilegal oleh oknum yang tidak bertanggung jawab.

Karena itu, seharusnya ada peraturan yang lebih tegas untuk menata keberadaan media promosi ini sehingga keindahan kota tetap dapat dinikmati masyarakat yang melintasi jalan raya.

Ivan Kris Wibisono

Mahasiswa Program Studi Hubungan Masyarakat ASMI Santa Maria Yogyakarta

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *