Monday, 21 Oct 2019


Ringankan Beban Warga, GKJ Gantiwarno Gandeng RSCH Klaten Adakan Baksos

Jemaat dan masyarakat umum memanfaatkan baksos pengobatan gratis yang diadakan GKJ Gantiwarno bekerjasama RSCH Klaten, Minggu (21/1/2018).

Wartakita.org – Gereja Kristen Jawa (GKJ) Gantiwarno bekerjasama dengan Rumah Sakit Cakra Husada (RSCH) Klaten mengadakan bakti sosial (baksos) pemeriksaan kesehatan dan pengobatan gratis di kantor Kecamatan Gantiwarno, Kabupaten Klaten, Minggu (21/1/2018).

Pendeta GKJ Gantiwarno Heri Windarto melalui Ketua Majelis Diaken, Ratmi menyampaikan, baksos ini bertujuan untuk mengecek kesehatan warga gereja dan masyarakat umum, sehingga kesehatan mereka dapat terkontrol.

“Dan yang terutama, baksos ini bertujuan untuk meringankan beban warga gereja dan masyarakat umum di bidang layanan kesehatan. Karena pemeriksaan kesehatan dan pengobatan ini bersifat gratis,” katanya.

Ratmi menjelaskan, baksos pemeriksaan kesehatan dan pengobatan gratis ini diikuti jemaat dari GKJ Gantiwarno induk, Pepanthan Mutihan, Pepanthan Panggil, dan Pepanthan Dawung (Serut, Gunung Kidul).

“Untuk tempat baksos, kami meminjam kantor Kecamatan Gantiwarno. Karena tempatnya lebih luas. Dan untuk parkir sepeda, motor, dan mobil pengunjung juga lebih leluasa. Kami sering meminjam kantor Kecamatan Gantiwarno ini untuk kegiatan donor darah, dan sebagainya, ” ujarnya.

Ratmi menyatakan, selama ini, Tim Kesehatan GKJ Gantiwarno rutin mengadakan donor darah setiap tiga bulan sekali yang bekerjasama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) Klaten. Tim kesehatan juga rutin melakukan pemeriksaan kesehatan dan pengobatan gratis setiap dua bulan sekali kepada warga gereja.

“Selama ini, layanan kesehatan ini ditangani oleh Tim Kesehatan dari GKJ Gantiwarno sendiri. Karena jemaat GKJ Gantiwarno ada yang menjadi dokter, mantri, perawat, dan tenaga medis lainnya. Namun untuk baksos pemeriksaan kesehatan dan pengobatan gratis yang bekerjasama dengan rumah sakit, baru pertama kali ini dilakukan, yaitu dengan RSCH Klaten,” terangnya.

Sedang Humas RSCH Klaten, Sukarno mengatakan, program Klaten Sehat tetap menjadi agenda kegiatan di tahun 2018 ini. Program Klaten Sehat ini dibagi menjadi sub program Kampung Sehat, Sekolah Sehat, Pasar Sehat, dan Karyawan Sehat.

“Selain baksos pemeriksaan kesehatan dan pengobatan gratis, RSCH Klaten akan melakukan kegiatan yang bersifat edukasi. RSCH Klaten terus berkomitmen untuk memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat,” tandasnya. (L Sukamta)

 

 

 

 

1 thought on “Ringankan Beban Warga, GKJ Gantiwarno Gandeng RSCH Klaten Adakan Baksos

  1. (Baksos pemeriksaan kesehatan dan pengobatan gratis ini) sangat bermanfaat. Semoga menjadi kegiatan rutin, sehingga dapat membantu masyarakat. Gtm

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *