Monday, 16 Sep 2019


Ribuan Pelajar Dari 64 Sekolah Akan Tampil di Festival Ketoprak Pelajar 2019

Acara konferensi pers Festival Ketoprak Pelajar (FKP) X tahun 2019 di aula SD Krista Gracia, Selasa (10/9/2019).

WartaKita.org – Festival Ketoprak Pelajar (FKP) X tahun 2019 akan kembali digelar di aula SD Krista Gracia (SD Kristen 3 Klaten), Jalan Seruni Nomor 8 Klaseman, Kelurahan Tonggalan, Kecamatan Klaten Tengah, Kabupaten Klaten.

Menurut rencana, FKP akan dibuka oleh Bupati Klaten Sri Mulyani pada hari Kamis (12/9/2019).

Ketua Panitia FKP 2019, Eko Haryanto dalam konferensi pers yang diadakan di aula SD Krista Gracia, Selasa (10/9/2019),  menyampaikan, FKP melibatkan ribuan pelajar dari 64 sekolah dari SD, SMP, hingga SMA/SMK. Selain dari Klaten, FKP juga diikuti sekolah dari Kabupaten Karanganyar, Surakarta, Purworejo, dan Rembang.

Untuk tingkat SMA/SMK, FKP akan digelar pada tanggal 12 sampai 15 September 2019 dengan jumlah peserta 25 sekolah. Sedang untuk tingkat SMP, FKP akan berlangsung pada tanggal 27 sampai 29 September 2019 dengan jumlah peserta 19 sekolah di wilayah Klaten. Sementara untuk tingkat SD, FKP akan diadakan pada tanggal 11 sampai 13 Oktober 2019 dengan jumlah peserta 19 sekolah di wilayah Klaten.

Sedang Pemrakarsa Festival Ketoprak Pelajar, Edy Sulistyanto menjelaskan, penyelenggaraan Festival ketoprak Pelajar ini sudah memasuki tahun ke 10. FKP digelar sebagai stimulan bagi sekolah dalam rangka pelestarian budaya Jawa melalui ketoprak.

“Selama sembilan tahun menyelenggarakan Festival Ketoprak Pelajar, tentu banyak dinamika yang kami alami. Tetapi hal ini justru meneguhkan komitmen Amigo Group dalam ikut melestarikan budaya. Ke depan, kami akan terus berinovasi agar FKP ini semakin berkembang dan semakin baik dari sisi penyajian maupun kemanfaatannya bagi masyarakat,” katanya.

Boss Amigo Group ini menyatakan, seni ketoprak turut berperan dalam memberikan pendidikan karakter bagi pelajar.

“FKP tidak hanya sekadar menjadi rutinitas pergelaran ketoprak yang digelar setiap tahun. Tetapi juga sebagai media untuk mengajarkan toleransi dan keberagaman,” ujarnya.

Gelaran Festival Ketoprak Pelajar ini diapresiasi oleh Pelawak Yati Pesek yang hadir dalam konferensi pers FKP saat itu.

“Saya mengapresiasi upaya pelestarian budaya Jawa, khususnya ketoprak di Kabupaten Klaten yang digagas oleh Amigo Group ini. Saya berharap  pergelaran ketoprak pelajar ini bisa dikembangkan di seluruh Kabupaten dan Kota di Jawa Tengah dan DIY,” harapnya.

Pada kesempatan itu juga dilakukan peluncuran buku berjudul “Sang Pengerek Tonil”.  (L Sukamta)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *