Monday, 16 Sep 2019


Ramadhan Minggu Kedua, Harga Bawang Putih Turun, Harga Telur Ayam Stabil

Harga bawang putih di pasar tradisional di Kabupaten Klaten kini mulai turun.

WartaKita.org – Harga bawang putih di pasar tradisional di Kabupaten Klaten pada minggu kedua bulan Ramadhan ini mulai turun.

Jika sebelumnya  harga bawang putih melonjak hingga Rp 60 ribu per kilogramnya, di beberapa hari terakhir ini turun menjadi Rp 40 ribu per kilogramnya. Menurut para pedagang, harga bawang putih ini turun dikarenakan masuknya bawang putih import beberapa waktu yang lalu.

Pedagang sembako di Pasar Klaten, Ramiyah, Senin (13/5/2019), mengatakan, sepekan menjelang bulan puasa lalu, harga bawang putih terus merangkak naik. Tetapi kini, harga bawang putih turun hingga Rp 20 ribu per kilogramnya dan menjadi Rp 40 ribu per kilogramnya.

“Hal ini dikarenakan ada bawang putih import yang sudah masuk di pasar tradisional sepekan terakhir ini,” katanya.

Ramiyah menambahkan, selain bawang putih, harga bawang merah juga turun. Dari Rp 35 ribu menjadi Rp 30 ribu per kilogramnya. Harga beras jenis 64 juga turun Rp 500 menjadi Rp 8.500 per kilpogramnya. Sedangkan untuk harga telur ayam stabil  di Rp 23 ribu per kilogramnya.

Para pedagang mengaku tidak bisa memastikan apakah harga sembako nantinya akan turun atau justru naik kembali. Mereka berharap, harga selama bulan puasa ini tetap stabil, karena sangat berpengaruh pada pendapatan pedagang. (L Sukamta)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *