Sunday, 17 Nov 2019


Program SPP Di Wedi Terus Berkembang

Pengundian hadiah kredit SPP BKAD Wedi, Rabu (14/8/2019) pagi.

WartaKita.org – Badan Kerjasama Antar Desa (BKAD) Kecamatan Wedi, Kabupaten Klaten menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) Kader Pemberdayaan Ekonomi Desa (KPED) di aula Kantor Kecamatan Wedi pada  Rabu (14/8/2019) pagi.

Ada dua agenda dalam Rakor KPED tersebut, yaitu rapat rutin membahas dinamika kegiatan Simpan Pinjam (kelompok) Perempuan (SPP) dan pengundian hadiah kredit SPP (eks Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat atau PNPM) .

Dalam rakor KPED itu mengemuka bahwa kegiatan SPP di Kecamatan Wedi terus berkembang, baik dari sisi jumlah penerima manfaat (anggota), kelompok, maupun aset yang dikelola BKAD. Meski begitu, juga dirasakan adanya kendala di lapangan, seperti “kredit macet”, dan lainnya.

Sekadar diketahui, Program SPP ini untuk rumah tangga miskin (RTM) dengan ketentuan satu, kelompok berdiri minimal satu tahun dengan jumlah anggota minimal 5 orang. Dua, tanpa agunan. Tiga, jasa hanya 1 persen (flat) dengan waktu angsuran selama 10 sampai 12 bulan. Dan empat, blangko pengajuan atau proposal dilampiri fotocopy KTP dan KK.

Pada rakor ini juga diadakan pengundian hadiah kredit SPP. Pengundian hadiah kredit SPP ini dilakukan 2 kali dam setahun atau setiap 6 bulan sekali. Hadiah yang disediakan diantaranya kulkas, penanak nasi, kompor gas, kipas angin, blender, dan lainnya.

Hadiah kredit SPP ini dimaksudkan agar kelompok SPP mau mengangsur kredit dengan tepat waktu pada setiap bulannya. Setiap kelompok SPP yang mengangsur tepat waktu akan diberi satu kupon. Kupon tersebut lalu dikumpulkan di kotak yang telah ditentukan, lalu diundi setiap 6 bulan sekali. (L Sukamta)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *