Tuesday, 21 May 2019


Pesan Bupati Klaten Kepada 798 Cakades: Menang Aja Umuk, Kalah Aja Ngamuk…

Acara deklarasi damai Cakades di GOR Gelarsena Klaten, Selasa (6/3/2019).

WartaKita.org – Sebanyak 798 calon kepala desa (cakades) yang akan berkompetisi pada Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak gelombang II di 270 desa mengikuti acara deklarasi damai yang diadakan Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (Dispermades) Kabupaten Klaten di GOR Gelarsena Klaten, Selasa (6/3/2019).

Pilkades  serentak akan diselenggarakan pada Rabu, 13 Maret 2019 mendatang.

Deklarasi damai cakades secara simbolis dilakukan lima perwakilan cakades, yaitu Cakades Bendungan, Kecamatan Cawas Agus Priyono, Cakades Kalikotes, Kecamatan Kalikotes Ponidi, Cakades Ngering, Kecamatan Jogonalan Nicolaus Rahmanto, Cakades Gatak, Kecamatan Delanggu Walino, dan Cakades Bonyokan, Kecamatan Jatinom Indra Gunawan.

Deklarasi damai disaksikan Bupati Klaten Sri Mulyani dan Kapolres Klaten AKBP Aries Andhi serta unsur Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkompinda) Klaten.

Deklarasi damai cakades yang berisi 10 poin ini dibacakan oleh Cakades Bendungan Agus Priyono yang ditirukan seluruh calon kepala desa yang pada acara tersebut.

Bupati Klaten Sri Mulyani dalam sambutannya mengatakan, semua cakades Kabupaten Klaten harus siap menang dan siap kalah. “Seperti semboyan masyarakat Jawa, menang aja umuk, kalah aja ngamuk,”pesannya.

Bupati Sri Mulyani juga berpesan, agar kepala desa terpilih untuk bisa mepersatukan kembali masyarakatnya setelah Pilkades selesai.

“Sehingga masyarakat Klaten tetap bersatu dan dapat menyukseskan hajat politik nasional yakni Pilpres, Pemilu Legslatif dari DPR, DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten/Kota serta Pemilu untuk memilih DPD RI pada 17 April mendatang,” ajaknya.

Sedang Kapolres Klaten AKBP Aries Andhi meminta semua pihak untuk dapat mentaati poin-poin deklarasi damai Pilkades, sehingga Pilkades serentak di Klaten dapat berjalan aman dan lancar.

“Kepada anggota Bhabinkamtibmas agar senantiasa menjaga netralitas selama bertugas sehingga tidak ditemukan adanya ekeses negatif pada penyelenggaraan Pilkades serentak tahun 2019 ini,” katanya.

Sementara itu Dandim 0723 Klaten Letkol Inf Eko Setyawan melalui Kepala Staf Kodim 0723 Klaten, Mayor Infanteri Sapto Budi mengatakan, Kodim 0723 Klaten mengapresiasi acara deklarasi damai calon kades yang akan mengikuti Pilkades pada 13 Maret 2019.

“Kita berharap, melalui deklarasi damai calon kades ini nantinya penyelengaraan Pilkades gelombang II di Kabupaten Klaten berjalan aman, lancar dan damai,” ujarnya.

Acara deklarasi damai juga dihadiri para Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemkab Klaten dan dihadiri 26 camat yang ada di Kabupaten Klaten. (L Sukamta)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *