Saturday, 8 Aug 2020


Persiapan Maju Ke FLS2N, SMP Pangudi Luhur Srumbung Adakan Latihan Karawitan

Siswa SMP Pangudi Luhur Srumbung latihan karawitan di Dusun Bolinggo, Sabtu (1/8/2020).

WartaKita.org – SMP Pangudi Luhur Srumbung, Kabupaten Magelang mengadakan latihan karawitan di Dusun Bolinggo, Desa Gulon, Kecamatan Salam pada Sabtu (1/8/2020).

Latihan karawitan ini dalam rangka mengisi dan menyalurkan bakat siswa serta persiapan maju ke Festival Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) yang akan diadakan pada Agustus mendatang.

Guru karawitan SMP Pangudi Luhur Srumbung Sutopo menyampaikan, di masa pandemi virus corona ini, Pemerintah tetap mengadakan kegiatan rutin tahunan seperti FLS2N. Acara ini diadakan untuk mengembangkan bakat dan talenta para pelajar, serta melestarikan budaya lokal.

Sutopo menjelaskan, banyak bidang yang dilombakan dalam FLS2N ini. Antara lain bidang seni budaya, ketrampilan, dan akademi. Untuk bidang seni budaya, salah satunya adalah lomba karawitan.

“Lomba karawitan ini diadakan dengan cara mengirimkan video ke panitia FLS2N. Karena masih dalam masa pandemi, maka sistem perlombaan diubah dengan cara online,” katanya.

Sutopo menambahkan, pada masa pandemi virus corona seperti ini, pihaknya tetap mengadakan latihan karawitan, sehingga anak-anak tidak mudah melupakan seni karawitan begitu saja. Selain untuk melestarikan seni lokal, karawitan juga dapat menghibur masyarakat sekitar.

“Sebelum pandemi virus corona ini terjadi, kami sempat menampilkan karawitan sekolah ini di Radio Gemilang FM di Jalan Pemuda nomor 1 Dusun Kendal Growong, Desa Pucungrejo, Kecamatan Muntilan. Harapannya, karawitan ini tetap eksis dan mampu menjadi kebanggaan baik bagi anak-anak, dewasa, maupun orangtua,” tutur Sutopo. (dewi nurmala sari/ls)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *