Monday, 25 Jan 2021


Persiapan Erupsi Merapi, Polres Klaten Gelar Apel Kontijensi

Kapolres Klaten AKBP Edy Suranta Sitepu mengecek kelengkapan dan kemampuan personel Tim SAR Polres Klaten, Senin (23/11/2020) pagi.

WartaKita.org – Polres Klaten menggelar Apel Kontijensi menghadapi bencana erupsi Gunung Merapi di halaman Mapolres Klaten, Senin (23/11/2020) pagi.

Apel diikuti oleh seluruh personel Polres, perwakilan Polsek jajaran, dan tim SAR Polres Klaten. Tim khusus penanganan bencana Polres Klaten ini dihadirkan secara lengkap dengan seragam orange berikut dengan rensel peralatannya.

Kapolres Klaten AKBP Edy Suranta Sitepu dalam amanatnya mengatakan, apel ini dilaksanakan dalam rangka mengecek kesiapan tim SAR Polres Klaten. Tim ini sudah dipersiapkan dan dilatih untuk membantu penanganan bencana alam bersama tim SAR dari instansi lain.

“Hari ini kita lakukan pengecekan tim SAR yang kita persiapkan. Ada sekitar 30 personel. Tentunya sudah kita latihkan untuk kemampuan SAR-nya dan juga kemampuan menguasai jalur-jalur evakuasi Merapi,” katanya.

Kapolres Klaten menjelaskan, tim SAR Polres Klaten ini dilengkapi dengan peralatan perorangan seperti yang ditampilkan dalam apel tersebut. Dengan perlengkapan ini nantinya setiap personel mampu bertahan 3 hari di lokasi bencana. Adapun peralatan yang dibawa antara lain masker gas, obat-obatan, mantol, peralatan mandi, seragam, hingga peralatan ibadah.

“Ransel itu isinya kebutuhan selama 3 hari. Jadi begitu terjun 3 hari, mereka tidak perlu kembali dan tidak lagi mikir kebutuhan dari mana,” tegasnya.

Kapolres mengatakan, kesiapan menghadapi bencana erupsi Gunung Merapi ini sejalan dengan pengamanan Pilbup Klaten yang masih dalam tahap kampanye. Dirinya meminta agar Bagops tetap selalu menyiapkan dan menyiagakan anggota untuk 2 operasi kepolisian ini.

“Kita harus selalu siap dan harus mensimulasikan. Kita asumsikan kegiatan pengamanan Pilbup berjalan, dan kegiatan kemanusiaan juga harus tetap berjalan. Maka, selain yang pengamanan Pilkada, kita juga sprintkan pengamanan erupsi Gunung Merapi,” terangnya.

Kegiatan apel kontijensi erupsi Gunung Merapi ditutup dengan pengecekan perorangan para Tim SAR. Kapolres Klaten didampingi sejumlah perwira mengecek kelengkapan dan kemampuan personel dalam menggunakan peralatan SAR. (L Sukamta/*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *