Monday, 16 Sep 2019


Peringati HUT Ke 42, PDAM Tirta Merapi Klaten Raih Banyak Penghargaan

: Jajaran PDAM Klaten melepaskan burung merpati pada peringatan HUT ke 42, Senin (9/9/2019) pagi.

WartaKita.org – Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Merapi Kabupaten Klaten memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke 42 dengan upacara bendera yang diadakan di halaman kantor setempat pada Senin (9/9/2019) pagi.

Dalam upacara bendera ini, semua peserta upacara mengenakan pakaian adat dari seluruh daerah di Indonesia sebagai simbol dari Bhinneka Tunggal Ika.

Bertindak selaku Inspektur Upacara adalah Ketua Dewan Pengawas PDAM Klaten Purwanto AC. Sedang Komandan Upacara yaitu Direktur Utama PDAM Klaten Irawan Margono.

Dalam amanatnya, Ketua Dewan Pengawas PDAM Klaten Purwanto mengatakan, tema HUT ke-42 PDAM Tirta Merapi Klaten tahun 2019 ini yaitu PDAM siap berperan aktif dalam pembangunan daerah dan pelestarian lingkungan.

“Sedang Visi PDAM Klaten yakni menjadi perusahaan terdepan dalam pelayanan air minum yang sehat dan berkelanjutan. Sementara itu, misi PDAM Klaten ada tiga, yaitu pertama, memberikan pelayanan air minum kepada masyarakat secara tepat kualitas, kuantitatas, dan kontinuitas. Kedua, meningkatkan tata kelola perusahaan secara maksimal. Dan ketiga, berperan aktif dalam pembangunan daerah dan pelestarian lingkungan,” katanya.

Purwanto menyatakan, pencapaian kinerja PDAM Klaten hingga tahun 2019 dinilai menggembirakan. PDAM Klaten antara lain mendapat penghargaan dari Badan Peningkatan Penyelenggaraan Sistem Penyediaan Air Minum (BPPSPAM) Kementerian Pekerjaan Umum Penataan Ruang (PUPR) RI tahun 2018 sebagai PDAM sehat dengan nilai 3,95. Kemudian, PDAM Klaten mendapat nilai 66,98 menurut Permendagri Nomor 46 tahun 1999 sebagai PDAM yang tergolong baik.

Adapun penghargaan yang telah diraih PDAM Klaten antara lain sebagai PDAM peringkat 5 terbaik se Indonesia dari BPPSPAM pada tahun 2018, mendapat penghargaan dari Bupati Klaten sebagai BUMD terbaik dalam memberikan layanan berkualitas dan kepuasan pelanggan, serta mendapat penghargaan dari Bupati Klaten sebagai BUMD terbaik dengan tata kelola perusahaan dan pelayanan yang terintegrasi pada tahun 2018.

Selain itu, PDAM Klaten juga meraih penghargaan dari 7 Sky Media Ward atas kinerja memuaskan CEO BUMD tahun 2018, dan mendapat penghargaan dari Bupati Klaten sebagai perusahaan paling terpercaya dengan layanan terbaik tahun 2018.

Sedang Direktur Utama PDAM Klaten Irawan Margono menambahkan, PDAM Klaten terus berkomitmen untuk melayani masyarakat yang membutuhkan air bersih. Karena itu, PDAM Klaten membutuhkan suntikan modal untuk memperluas jaringan pelayanan kepada konsumen yang membutuhkan air bersih, seperti di daerah Kecamatan Karangdowo dan Cawas.

“Meski saat ini sedang kemarau, tetapi kualitas airnya masih bagus. Nggak ada penurunan debit air yang berarti. Dan sampai sekarang, tidak ada penggiliran (air). Kami masih mampu melayani sekitar 44 ribu pelanggan PDAM Klaten dengan baik,” tandasnya.

Pada HUT ke-42 PDAM Klaten  ini, semua jajaran karyawan PDAM Klaten mendapat pemberian tunjangan kinerja sebesar 1,5 kali gaji.

Pada upacara ini PDAM Klaten juga memberikan penghargaan kepada pegawai PDAM yang telah mengabdi dengan masa kerja 30 tahun lebih kepada tiga pegawai, 20 tahun lebih kepada tiga pegawai, dan 10 tahun lebih kepada 6 pegawai.

Usai upacara dilanjutkan dengan pelepasan burung merpati, ramah tamah, makan bersama, dan pentas musik dengan aneka doorprize menarik. (L Sukamta)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *