Monday, 16 Sep 2019


Percepat Layanan Kegawatdaruratan, Dinas Kesehatan Klaten Luncurkan Aplikasi “Matur Dokter”

Masyarakat Kabupaten Klaten dapat menikmati layanan aplikasi Matur Dokter dari smartphone-nya.

WartaKita.org – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Klaten meluncurkan aplikasi Matur Dokter.

Apikasi Matur Dokter ini dalam rangka meningkatkan percepatan pelayanan dan mendekatkan pelayanan kepada masyarakat, utamanya yang bersifat gawat darurat.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Klaten,  dr Cahyono Widodo,  MKes menjelaskan, dengan aplikasi Matur Dokter ini masyarakat dapat memanfaatkan fasilitas yang tersedia melalui akses Google Play Store.

“Melalui aplikasi tersebut masyarakat dapat mengakses konsultasi kesehatan, ketersediaan tempat tidur di rumah sakit, penanganan kegawatdaruratan akibat kecelakaan lalu lintas, dan kondisi gawat bagi masyarakat,” katanya.

Dr Cahyono Widodo,  MKes mengungkapkan, dengan aplikasi Matur Dokter ini masyarakat dapat mengakses ke sejumlah fasilitas media sosial.

“Contohnya, warga dapat telepon langsung ke nomor 082260000910 dan nomor telepon (0272) 3391330. Warga juga dapat melakukan WhatsApp (WA) melalui nomor 082260000910,  dapat email ke maturdokter@gmail.com, dapat melalui Instagram (IG) maturdokterkabklaten, dapat melalui Twiter maturdokterkabklaten, dan melalui Facebook (FB)  maturdokterkabklaten,” paparnya.

Cahyono Widodo mengatakan, dalam rangka mendukung aplikasi Matur Dokter ini, maka Dinkes Klaten antara lain telah menyiapkan tim pelaksana untuk call center dari petugas di Dinkes Klaten dan tim Matur Dokter di 34 Puskesmas. Semuanya sudah terlatih dalam penanganan kegawatdaruratan serta service excellent. Kemudian pengadaan mobil Matur Dokter di 13 Puskesmas dan 2 unit mobil Matur Dokter di call center Dinkes Klaten.

“Dinkes Klaten juga melakukan pengadaan seragam rompi dan PIN Matur Dokter bagi petugas,  dan pemasangan spanduk Matur Dokter di 401 desa dan kelurahan se Kabupaten Klaten. Kemudian pengadaan sepeda motor N-Max dua unit, pengadaan peralatan kegawatdaruratan, serta sarana komunikasi dan aplikasi,” terangnya.

Cahyono Widodo menambahkan, untuk mendukung aplikasi Matur Dokter, Dinkes Klaten juga sudah menyusun DED gedung Matur Dokter sebagai persiapan pembangunan gedung Matur Dokter, dan menyusunan petugas aplikasi Matur Dokter.

Dengan aplikasi Matur Dokter diharapkan dapat mempercepat layanan kegawatdaruratan.

Sementara itu, Bupati Klaten Sri Mulyani menyambut baik peluncuran aplikasi Matur Dokter ini. Aplikasi ini diharapkan lebih mendekatkan komunikasi antara dokter dan masyarakat dalam rangka mewujudkan kesehatan warga.

“Dengan aplikasi Matur Dokter ini semoga para dokter dapat terus mengedukasi warga agar senantiasa berperilaku hidup sehat, sehingga derajat kesehatan warga meningkat untuk mewujudkan masyarakat Klaten yang maju, mandiri dan berdaya saing,” harapnya. (adv)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *