Saturday, 18 Jan 2020


Perayaan Natal di Lingkungan FX Klaten Selatan Dimeriahkan Pentas Wayang Gabus

Pentas Wayang Gabus meriahkan perayaan Natal Lingkungan Santo FX Klaten Selatan, Sabtu (4/1/2020) malam.

WartaKita.org – Perayaan Natal dan Pesta nama pelindung Lingkungan Santo Fransiskus Xaverius (FX) Klaten Selatan Paroki Santa Maria Bunda Kristus Wedi, Kabupaten Klaten diadakan di rumah FX Suparto di Dukuh Bangilan, Desa Ngalas, Kecamatan Klaten Selatan, Sabtu (4/1/2020) malam.

Natalan dihadiri sekitar 90 orang yang terdiri dari umat lingkungan setempat, perwakilan dari Lingkungan Santa Monica Danguran, jemaat Kristen, warga non Katolik sekitar, Ketua RT, Frater Diki, dan undangan lainnya.

Acara utama Natalan lingkungan ini yaitu mendengarkan Sabda Tuhan melalui pementasan Wayang Gabus yang menceritakan tentang kelahiran Yesus Kristus. Wayang Gabus dimainkan oleh Isidorus Aprila Pulung Anggoro. Sedang pengisi suara oleh Titus Resmiyono. Sementara untuk sesi Limbukan dibawakan Y Kusman.

Wayang Gabus ini menceritakan tentang kisah kelahiran Yesus Kristus. Dan sejalan dengan tema Natal 2019 yaitu “Hiduplah sebagai sahabat bagi semua orang”, maka pesan Natal itu dimasukkan dan disinggung dalam dialog selama pentas Wayang Gabus berlangsung.  Pesan Natal disampaikan melalui sindiran halus dan guyonan.

Para hadirin pun antusias menyaksikan pentas Wayang Gabus ini. Mereka tertarik karena jarang atau bahkan belum pernah melihat pertunjukan Wayang Gabus.

Umat Lingkungan Santo FX Klaten Selatan, Yohanes Setyo Nugroho menyampaikan, ide awal pentas Wayang Gabus ini berasal dari Y Kusman. Sebenarnya, panitia mau mengemas acara natalan ini dengan model angkringan. Tetapi karena gerobak angkringan diperkirakan akan sulit masuk rumah Pak Suparto, akhirnya muncullah ide, penyampaian Sabda Tuhan melalui pentas Wayang Gabus.

“Kebetulan, di tempat kerja Pak Kusman itu membuat goa Natal dengan gabus. Nah, kepikiranlah membuat wayang dari gabus ini. Selain murah, juga lebih gampang membuatnya,” katanya. (L Sukamta)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *