Tuesday, 20 Apr 2021


Pengurus FKBPD Klaten Dikukuhkan, Bupati: BPD Harus Kompak Dan Bersinergi Dengan Kepala Desa

Bupati Klaten Sri Mulyani saat mengukuhkan Pengurus FKBPD Kabupaten Klaten di Pendopo Kabupaten Klaten, Rabu (7/4/2021).

WartaKita.org – Pengurus Forum Komunikasi Badan Permusyawaratan Desa (FKBPD) Kabupaten Klaten dikukuhkan oleh Bupati Klaten Sri Mulyani di Pendopo Kabupaten Klaten, Rabu (7/4/2021).

Kepengurusan FKBPD yang dikukuhkan ini terdiri dari Ketua Presidium Anang Budi Wibawa, 4 Anggota Presidium, Sekretaris Triyono dan Muhammad Rohani, Bendahara Basri dan Bambang Santosa, serta ditambah seksi-seksi.

Dalam seksi-seksi ini terdapat bidang, yaitu Bidang keorganisasian, teknologi dan informasi, humas, Bidang hubungan antar lembaga dan pemerintahan, Bidang advokasi dan bantuan hukum, Bidang pembangunan desa, Bidang pemberdayaan masyarakat, Bidang pendidikan, pelatihan dan pengembangan, serta Bidang kebencanaan.

Ketua Presidium FKBPD Kabupaten Klaten Anang Budi Wibawa dalam sambutan mengatakan, pendirian FKBPD ini diinisiasi oleh lima orang BPD yaitu dari Kecamatan Wedi, Ngawen, Tulung, Delanggu, dan Bayat saat mereka beraudensi dengan DPRD Klaten. Dan selanjutnya, pada tanggal 27 Juni 2019, mereka mengadakan musyawarah dengan mengundang perwakilan BPD dari seluruh kecamatan di Kabupaten Klaten.

“Dan alhamdulillah, pada hari ini, Pengurus FKBPD Klaten sudah dikukuhkan oleh Bupati Klaten. Perlu kami sampaikan bahwa FKBPD sudah mendapat legalitas dari Kementerian Hukum dan HAM RI, dan juga sudah tercatat di Kantor Kesbangpol Klaten. Kami juga sudah mengadakan beberapa kegiatan, diantaranya peningkatan kapasitas anggota BPD se Klaten tentang tupoksi (tugas pokok dan fungsi) BPD,” katanya.

Anang Budi Wibawa menambahkan, Pengurus FKBPD telah mengadakan audensi dengan pimpinan DPRD Klaten. Intinya, kami minta agar diterbitkan Peraturan Bupati Klaten mengenai tunjangan minimal bagi BPD dari alokasi dana desa (ADD). Ini bertujuan agar tunjangan BPD itu relatif sama atau tidak ada ketimpangan.

“Kami siap mendukung Bupati Klaten dalam mewujudkan Klaten yang maju, mandiri, dan sejahtera,” ujarnya.

Sedang Ketua DPRD Klaten Hamenang Wajar Ismoyo dalam sambutan mengucapkan selamat atas pengukuhan Pengurus FKBPD Klaten periode 2019-2024. Pengukuhan Pengurus FKBPD Klaten diharapkan menjadi momentum yang baik untuk menambah semangat BPD dalam bekerja dan bermitra dengan Pemerintah Desa.

“Kami berharap, kejujuran dan loyalitas BPD dalam ikut membangun masyarakat terus terjaga. BPD perlu terus bertukar pikiran dan bersinergi dengan Pemerintah Desa dalam melayani dan membangun masyarakat desa,” harapnya.

Sementara itu Bupati Klaten Sri Mulyani dalam pengarahan mengajak BPD di Klaten untuk bersatu guna mewujudkan Klaten yang maju, mandiri, dan sejahtera.

“BPD harus mengedepankan sikap yang adil dan bijaksana. BPD harus kompak, bersatu, dan bersinergi dengan kepala desa, Camat, dan stakeholder lainnya. Dengan demikian, BPD dapat berkontribusi dalam membangun desa sesuai dengan potensi desa masing-masing,” pesan bupati. (L Sukamta)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *