Wednesday, 3 Jun 2020


Pendidikan Iman Itu Penting, Harus Dilakukan Sejak Usia Dini

Theresia Wiwik Dwi Astuti

WartaKita.org – Selama ini, Paroki Santa Maria Assumpta Klaten telah mengadakan berbagai kegiatan pembinaan iman umat.

Dari pembinaan iman usia dini (PIUD), pembinaan iman anak (PIA), pembinaan iman remaja (PIR), Orang Muda Katolik (OMK), pembinaan iman orang dewasa (PIOD), hingga pembinaan iman usia lanjut (PIUL).

Tak hanya itu, Paroki Klaten juga melakukan pembinaan iman secara rutin kepada para prodiakon dan katekis, serta kepada umat melalui Bincang-Bincang Iman Luhurkan (Bilur) Tuhan, Kursus Evangelisasi Pribadi (KEP), dan kegiatan lainnya.

Ketua Bidang (Kabid) Pewartaan dan Evangelisasi Paroki Santa Maria Assumpta Klaten Theresia Wiwik Dwi Astuti menyampaikan, berbagai kegiatan dan program kerja terkait pembinaan iman umat itu diampu oleh tim kerja di bawah Bidang Pewartaan dan Evangelisasi bekerjasama dengan tim kerja atau bidang lainnya.

“Di Paroki Klaten, secara spesifik memang tidak ada program Paroki Mengajar. Tetapi, berbagai kegiatan dan program kerja terkait pembinaan atau pengajaran iman umat terus kita lakukan. Inilah wujud nyata kami (dewan paroki dan umat) dalam membina iman umat, dalam mengajarkan iman kepada umat,” katanya.

Umat Lingkungan Santo Paulus Jombor Paroki Klaten itu menyatakan, selama ini, mereka yang terlibat dalam pembinaan iman umat atau pengajaran yaitu para rama, bidang, tim kerja, katekis, guru, pendamping, pemerhati, dan lainnya.

“Pembinaan iman umat di Paroki Klaten ini berlangsung hidup, dinamis, dan variatif. Saking banyaknya kegiatan (pembinaan iman umat), sampai-sampai kita sering tak kebagian tempat atau ruangan. Karenanya, kita sering “meminjam” kapel stasi atau wilayah, SD Kanisius Sidowayah, SD Maria Assumpta dan lainnya untuk mengadakan kegiatan,” ujarnya.

Ibu dari Rama Sbastianus Prasetya Aditama Nagara Pr itu menjelaskan, materi yang diberikan dalam pembinaan iman umat ini sangat beragam. Materi disesuaikan dengan usia, kebutuhan, minat, kebijakan pastoral, dan lainnya.

“Tema untuk materi pembinaan iman umat di Paroki Klaten disusun dalam satu tahun. Jadi temanya bervariasi. Tak hanya itu, kami juga telah membuat modul pengajaran untuk pembinaan iman umat,” ungkapnya.

Kepala SD Negeri 1 Bareng Lor, Kecamatan Klaten Utara, Kabupaten Klaten itu mengungkapkan, pembinaan iman umat di Paroki Klaten ini sudah berlangsung lama.

“Untuk kegiatan PIUD dan sekolah PIA diadakan setiap Kamis sore. Sedang kegiatan PIR, OMK, PIOD, dan PIUL diadakan secararutin dan berkala,” terangnya.

Warga Dukuh Kwangen, Desa Sumberejo, Kecamatan Klaten Selatan itu menambahkan, umat Paroki Klaten sangat antusias menanggapi kegiatan pembinaan iman umat ini.

“Kegiatan PIUD rata-rata dihadiri sekitar 40 anak. Sedang Sekolah PIA dihadiri sekitar 80 anak. Kalau di kegiatan Bilur Tuhan biasanya tergantung pada materi, narasumber, dan acara atau kegiatan umat. Tetapi biasanya yang hadir sekitar 75 umat. Bahkan, pernah lebih dari 100 umat yang hadir di acara Bilur Tuhan,” paparnya.

Istri Stefanus Sunarto itu mengatakan, buah-buah dari pembinaan iman umat nampak dari semakin meningkatnya kualitas iman umat, dan tumbuhnya kesadaran umat untuk terlibat dalam berbagai kegiatan, baik di gereja, lingkungan, dan masyarakat.

“Kami berharap, para orangtua semakin menyadari bahwa pendidikan iman anak itu penting. Pengajaran iman anak harus dilakukan sejak usia dini,” tandas ibu dua anak ini. (L Sukamta)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *