Tuesday, 19 Nov 2019


Peduli Petani, Endang Gelar Pasar Murah Seribu Zak Pupuk

Petani di Karanganom gembira dengan adanya pasar murah pupuk.

Wartakita.org – Sebagai bentuk kepedulian kepada petani, Anggota DPR RI dari Fraksi Partai Golkar, Endang Srikarti Handayani mengadakan pasar murah pupuk yang digelar di Lapangan Merdeka, Desa Karanganom, Kecamatan Karanganom, Kabupaten Klaten, Sabtu (6/1/2018) pagi.

Pada pasar murah ini, sebanyak seribu zak pupuk disediakan untuk seribu petani yang berada di sekitar Kecamatan Karananom. Petani hanya menebus Rp 40 ribu dari harga resminya yang sekitar Rp 300 ribu per zaknya.

Anggota Komisi VI DPR RI itu menyatakan, pada pasar pupuk murah kali ini, ia menggandeng PT Pupuk Sriwijaya (Pusri) Palembang. Pupuk tersebut “diberikan” agar petani setempat dapat meningkatkan hasil produksi pertaniannya.

“Apalagi, saat ini telah memasuki musim tanam. Sehingga diharapkan dapat meringankan petani dalam mendapatkan pupuk,” katanya.

Sedang Perwakilan PT Pusri, Bob Indiarto mengatakan, Pusri mempunyai tanggung jawab terhadap pendistribusian pupuk, terutama untuk daerah Jateng, DIY, dan Kalimantan Barat.

“Setiap tahun, Pusri bisa menghasilkan jutaan ton pupuk. Dan kendala yang dihadapi sekarang yaitu persaingan dengan pupuk dari Cina yang harganya lebih murah,” ujarnya.

Bob Indiarto menambahkan, pada pasar murah pupuk kali  ini, Pusri mengajak Pusri Lestari yang merupakan anak perusahaan dari Pusri.

Sementara itu, Sumino (57), petani asal Karanganom mengaku terbantu dengan adanya bantuan pupuk tersebut. “Biasanya kalau beli di pasaran harga satu zak pupuk non subsidi sekitar Rp 300 ribu. Tadi hanya disuruh membeli Rp 40 ribu. Kami merasa diperhatikan, apalagi saat ini adalah musim tanam,” ucapnya. (L Sukamta)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *