Friday, 26 Feb 2021


PCM Delanggu Gelar Rakerpimcab, Iskak: Muhammadiyah Harus Mengambil Peran Di Masyarakat

Peserta Rapat Kerja Pimpinan Cabang (Rakerpimcab) Muhammadiyah Delanggu tahun 2021 berfoto bersama.

WartaKita.org – Pimpinan Cabang Muhammadiyah (PCM) Delanggu, Kabupaten Klaten menggelar Rapat Kerja Pimpinan Cabang (Rakerpimcab) tahun 2021 di Gedung PCM setempat di Jalan Raya Jogja-Solo, Jumat (19/2/2021) siang.

Rakerpimcab Muhammadiyah Delanggu ini mengusung tema ”Memperteguh gerakan persyarikatan di masa pandemi”.

Karena masih dalam suasana pandemi Covid-19, maka Rakerpimcab Muhammadiyah Delanggu dilakukan secara daring (dalam jaringan) melalui aplikasi zoom meeting dengan protokol kesehatan yang ketat.

Sekretaris Pimpinan Cabang Muhammadiyah (PCM) Delanggu H Sunarto dalam pengantar menyampaikan, Rapat Kerja Pimpinan Cabang ini merupakan agenda rutin setiap tahun. Namun tahun ini terasa berbeda karena digelar di tengah situasi pandemi Covid-19.

“Sebenarnya kita ingin melaksanakan Rapat Kerja Pimpinan Cabang ini seperti biasa, yaitu dengan menghadirkan banyak orang dalam satu tempat. Tetapi karena masih dalam suasana pandemi Covid-19, maka kita harus menyesuaikan diri. Karena itu, dengan memanfaatkan teknologi yang ada, kita melaksanakan Rakerpimcab ini secara daring,” katanya.

Sedang Ketua Pimpinan Cabang Muhammadiyah (PCM) Delanggu H Harun menyatakan, Rakerpimcab ini diselenggarakan agar kerja-kerja organisasi tetap berjalan sebagaimana mestinya. Karena sebuah organisasi perlu perencanaan yang matang untuk mencapai visi dan misi dari organisasi tersebut.

”Selama ini kita disibukkan dengan berbagai kegiatan organisasi. Kita jarang membicarakan tentang visi, misi, dan tujuan Persyarikatan Muhammadiyah. Padahal kita harus menuju ke sana. Pertanyaannya adalah: sudahkah berbagai perencanaan yang kita buat ini menuju ke arah itu (visi dan misi persyarikatan)?” tanyanya.

H Harun mengatakan, Persyarikatan Muhammadiyah adalah organisasi dakwah. Maka, organisasi ini harus bisa menarik orang lain untuk bersimpatik kepada Muhammadiyah. Karena itu, personil Muhammadiyah harus mampu “mencahayai” lingkungan di sekitarnya.

“Tahun ini adalah tahun terakhir periode kepengurusan kita (PCM). Maka, kita harus bisa membuat prestasi dengan semakin memajukan Muhamadiyah melalui gerakan amar ma’ruf nahi munkar. Karena itu, silaturahmi diantara pengurus, anggota, dan simpatisan Muhammadiyah harus tetap terjalin di masa pandemi ini,” ujarnya.

Sementara itu Ketua Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Klaten H Iskak Sulistya dalam pengarahan melalui daring mengucapkan selamat atas terselenggaranya Rakerpimcab Muhammadiyah Delanggu ini.

“Sesuai dengan visi dan misi Persyarikatan Muhammadiyah, maka PDM mendorong semua pengurus dan Amal Usaha Muhammadiyah (AUM)-nya untuk mengambil peran strategis di masyarakat. Kiprah Muhammadiyah harus bisa memberi manfaat yang besar kepada masyarakat. Amal Usaha Muhammadiyah harus dapat meningkatkan pelayanannya, terutama kepada kaum dhuafa,” pesannya.

Iskak Sulistya berharap, kedepan, Persyarikatan Muhammadiyah bisa menjadi organisasi yang dinamis, maju, dan mempunyai keunggulan.

“Kita harus bergandengan tangan. Kita harus terus berikhtiar, agar Persyarikatan Muhammadiyah bisa berdakwah di masyarakat dalam konteks yang lebih besar,” ucapnya.

Dalam Rakerpimcab ini dibahas berbagai program dan anggaran PCM Delanggu selama tahun 2021 yang dipandu oleh H Suraji. (L Sukamta)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *