Tuesday, 20 Apr 2021


PC Sako Pramuka Ma’arif NU Klaten Dilantik, Mujiburrahman: Kader NU Harus Jadi Perekat Bangsa, Penjaga Pancasila…

Ketua Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka Klaten Jaka Sawaldi melantik PC Sako Pramuka Ma’arif NU Klaten masa bakti 2021-2026 di Pendopo Kabupaten Klaten, Senin (5/4/2021).

WartaKita.org – Pengurus Cabang (PC) Satuan Komunitas (Sako) Pramuka Ma’arif Nahdlatul Ulama (NU) Klaten masa bakti 2021-2026 dilantik oleh Ketua Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka Klaten Jaka Sawaldi di Pendopo Kabupaten Klaten, Senin (5/4/2021).

Mereka yang dilantik adalah Majelis Pembimbing dan Pengurus Sako Pramuka Ma’arif NU Klaten.

Untuk Majelis Pembimbing terdiri dari Ketua I H Mujiburrahman, Ketua II H Anas Yusuf Mahmudi, Sekretaris Agus Setiawan, dan sejumlah anggota.

Sedang untuk Pimpinan Pengurus terdiri dari Ketua Samsul Hadi, Wakil Ketua Nor Washilah, Sekretaris Nasihin Abdulah, Wakil Sekretaris Kurnia Ikawati, Bendahara Fadlilatun Ni’mah, Wakil Bendahara Fitriani Rokhimah, dan sejumlah Bidang, yaitu Bidang Kegiatan Kepramukaan, Kajian Kepramukaan, Pengabdian Masyarakat, serta Penelitian Evaluasi dan Pengembangan.

Satuan Komunitas (Sako) Pramuka Ma’arif NU Klaten ini merupakan Gerakan Pramuka yang berasal dari sekolah-sekolah di bawah Yayasan Ma’arif NU. Di Kabupaten Klaten, Sako Pramuka Ma’arif NU ini beranggotakan ribuan dan sudah sering mengikuti kegiatan jambore kepramukaan, baik di tingkat Provinsi maupun Nasional.

Ketua I Majelis Pembimbing PC Sako Pramuka Ma’arif NU Klaten H Mujiburrahman dalam sambutan menyampaikan, masyarakat perlu menyadari bahwa Pramuka itu adalah wadah pendidikan karakter. Dan di era saat ini, dimana bermunculan faham radikalisme, tugas jamaah NU sebagai kader perekat bangsa sangat diperlukan.

“Sesuai khittah-nya, tugas jamaah NU adalah merekatkan rasa kebangsaan, mengawal NKRI (Negara Kesatuan Republik Indonesia), dan menjaga Pancasila. Dengan jumlah anggota Sako Pramuka yang mencapai ribuan, insya Allah, kita dapat membina kader bangsa yang berakhlak mulia dan berkomitmen menjaga kebangsaan,” katanya.

H Mujiburrahman berharap, setelah pelantikan PC Sako Pramuka Ma’arif NU Klaten ini, akan diikuti pembentukan Sako Pramuka di setiap Majelis Wakil Cabang (MWC) NU dan di satuan pendidikan Ma’arif, serta sekolah lainnya.

Sementara itu Bupati Klaten Sri Mulyani dalam arahan mengucapkan selamat atas dilantiknya PC Sako Pramuka Ma’arif NU Klaten ini.

Pada kesempatan itu, dirinya mengaku prihatin karena adanya penangkapan tiga warga Kabupaten Klaten terduga teroris, yaitu di Desa Kemudo (Kecamatan Prambanan), Cetan (Ceper), dan Bono (Tulung).

“Saya ikut merasa prihatin karena kemarin ada tiga warga Klaten yang ditangkap oleh Tim Densus 88 Mabes Polri karena diduga terlibat dalam jaringan teroris. Karena itu, untuk mencegah agar ajaran radikal dan intoleran itu tidak berkembang di kalangan generasi muda kita, maka kegiatan kepramukaan adalah salah satu sarananya. Karena di dalam kepramukaan ditanamkan semangat kebangsaan dan nasionalisme. Kita berharap, Pramuka bisa menjadi duta pemersatu bangsa, serta penebar kebaikan dan kebenaran di masyarakat,” tandasnya.

Usai pelantikan Pengurus Cabang Sako Pramuka Ma’arif NU Kabupaten Klaten dilanjutkan dengan rapat kerja untuk menyusun rencana kerja dan program kerja PC Sako Pramuka Ma’arif NU Kabupaten Klaten masa bakti 2021-2026. (L Sukamta)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *