Monday, 18 Mar 2019


PBS, Murid SD Marsudirini Koja Diharapkan Jadi Siaga Yang Terampil Dan Gembira

Ketua Mabigus SD TKM Marsudirini Koja, Suster Maria Laurentine OSF saat membuka kegiatan PBS, Sabtu (16/2/2019).

WartaKita.org – Ada suasana yang berbeda di lingkungan SD Tunas Keluarga Mulia (TKM) Marsudirini Koja, Jakarta Utara pada Sabtu (16/2/2019) lalu.

Biasanya murid kelas I sampai kelas VI selalu libur setiap hari Sabtu. Tetapi pada Sabtu itu, khusus murid kelas IV  harus datang ke sekolah. Murid harus mengikuti kegiatan Permainan Besar Siaga (PBS).

Kegiatan PBS ini rutin diadakan setiap tahun untuk pramuka siaga. Tema PBS tahun ini adalah “Siaga Terampil dan Gembira”.

Dari kegiatan PBS ini diharapkan murid kelas IV yang masih tergolong ke dalam anggota pramuka tingkat siaga akan menjadi anak-anak yang terampil dalam segala hal. Terutama dalam kegiatan kepramukaan, dan menjadi anak-anak yang gembira di mana pun mereka berada.

Kegiatan PBS diadakan dari pukul 7.00 sampai pukul 13.00 WIB. PBS dibuka dengan apel yang dilanjutkan sambutan sekaligus pembukaan oleh Ketua Mabigus SD Marsudirini yaitu Suster Maria Laurentine, OSF. Pembukaan PBS ditandai dengan pelepasan sepasang burung dara.

Ada 16 barung yang mengikuti PBS ini, terdiri dari 9 barung putra dan 7 barung putri. Setiap barung harus mengunjungi 7 pos pemberhentian. Pada setiap pos pemberhentian, masing-masing barung harus mengerjakan tugas yang sudah disiapkan. Jika barung tersebut telah berhasil menyelesaikan tugas, maka mereka berhak memperoleh nilai dari setiap pos pemberhentian.

Dalam PBS ini dilakukan penilaian terhadap barung dengan sejumlah predikat, yaitu sebagai Barung Berprestasi, Barung Terkompak, Barung Terkreatif, dan Barung Persahabatan.

Setelah dilakukan penilaian, maka predikat Barung Berprestasi diraih Barung Coklat Putra dan Barung Kuning Putri. Predikat Barung Terkompak diraih Barung Hijau Putra dan Barung Pink Putri. Predikat Barung Terkreatif diraih Barung Hitam Putra dan Barung Ungu Putri. Sedang predikat Barung Persahabatan diraih Barung Biru Putra dan Barung Hijau Putri.

Diakhir kegiatan, setiap peserta Permainan Besar Siaga 2019 memperoleh sertifikat sebagai bukti bahwa mereka telah mengikuti kegiatan PBS selama menjadi anggota pramuka siaga. (Sri Mulyani Guru SDS TKM Marsudirini Jalan Kramat Jaya no.1B, Lagoa, Koja, Jakarta Utara/ls)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *