Saturday, 24 Aug 2019


Pasca Banjir, Sungai Afur Bogor Dinormalisasi

Alat berat diterjunkan untuk menormalisasi sungai afur Bogor.

Wartakita.org – Pasca banjir yang merendam puluhan hektar lahan persawahan di Desa Bogor, Kecamatan Cawas, Kabupaten Klaten beberapa waktu lalu, kini sungai afur Bogor dilakukan normalisasi. Pengerukan sungai afur Bogor dilakukan dengan alat berat backhoe oleh anggota Kodim 0723/Klaten.

Kepala Desa Bogor Joko Riyanto mengatakan, akibat pendangkalan, sungai afur Bogor kerap terjadi banjir. Apalagi saat terjadi hujan deras. Sungai afur  Bogor sering meluap hingga ke area persawahan. Karena itu, normalisasi sungai afur Bogor ini perlu segera dilakukan.

“Sejak dua hari ini, alat berat backhoe dari Kodim Klaten diterjunkan untuk melakukan pengerukan sendimentasi di sungai afur Bogor. Pengerukan sedimen atau walet ini diperkirakan akan rampung hingga lima hari ke depan. Adapun bagian sungai yang dikeruk sepanjang sekitar 500 meter,” katanya.

Kades Joko Riyanto menyatakan, sebenarnya, sungai afur Bogor yang akan dinormalisasi sepanjang satu kilometer. Namun karena di sekitar afur sungai itu berdiri sejumlah bangunan, maka yang 500 meter sisanya akan dilakukan dengan tenaga manual, sebab tidak bisa dilakukan dengan alat berat.

“Kita berharap, dengan normalisasi ini aliran sungai afur Bogor kembali lancar, sehingga tidak meluap ke area persawahan. Sedang walet atau sedimennya dapat dimanfaatkan untuk pengurukan jalan usaha tani yang saat ini sedang proses pembangunan. Ini dilakukan untuk mendukung swasembada pangan,” ujarnya. (L Sukamta)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *