Tuesday, 20 Aug 2019


Paroki Klaten Adakan Kursus Evangelisasi Pribadi

Peserta KEP Paroki Klaten antusias mengikuti rekoleksi awal yang diadakan di Gedung Eko Kapti Klaten, Jumat (28/6/2019) malam.

WartaKita.org – Paroki Santa Maria Assumpta Klaten mengadakan Kursus Evangelisasi Pribadi (KEP).

Kursus Evangelisasi Pribadi yang pertama kali diadakan ini mengusung tema “Bukan kamu yang memilih Aku, tetapi Akulah yang memilih kamu (Yohanes 15:16)”.

Rangkaian kegiatan KEP di Paroki Klaten ini berupa wawan hati (yang diadakan pada 19 Juni 2019), rekoleksi awal (28-30 Juni), kelas pengajaran (2 Juli – 2 Oktober), dan retret perutusan (4-6 Oktober di Rumah Retret Panti Semedi Sangkal Putung, Klaten).

Sedang Tim pengajar KEP adalah para rama dari Keuskupan Agung Semarang (KAS), Badan Pelayanan Pembaruan Karismatik Katolik (BP PKK) KAS, dan BP PKK Kevikepan Surakarta. Pengajaran akan dilakukan selama 28 kali pertemuan, yaitu setiap hari Selasa dan Rabu pukul 15.00 sampai 21.00.

Panitia KEP Paroki Klaten, Lily Surgawati menyampaikan, rekoleksi awal KEP Paroki Klaten diadakan selama tiga hari, yaitu Jumat sampai Minggu (28-30/6/2019). Kegiatan hari pertama (Jumat) dilakukan di Gedung Eko Kapti Klaten. Sedang kegiatan hari kedua (Sabtu) dan hari ketiga (Minggu) diadakan di Panti Paroki Klaten.

Pada hari pertama (Jumat), acara diisi dengan ibadat pembukaan, sesi 1 dengan materi “Cinta kasih Allah”, dan sesi 2 “Keselamatan”. Sedang pada hari kedua (Sabtu), diisi dengan materi sesi 3 “Hidup baru” dan sesi 4 “Pertobatan”, serta penerimaan Sakramen Rekonsiliasi (Tobat) dari rama paroki. Sementara itu pada hari ketiga (Minggu), kegiatannya berupa mengikuti perayaan Ekaristi dan sesi 5 “Pencurahan Roh Kudus”, serta penutup.

Lily Surgawati menjelaskan, dalam Kursus Evangelisasi Pribadi ini umat (peserta) diajak untuk lebih dulu menerima dan menghayati kabar baik bagi dirinya sendiri, dengan menghadirkan Kristus secara nyata dalam hidupnya sehari-hari. Dengan menerima kabar baik, maka seseorang diajak untuk menghayati rahmat pembabtisan yang telah diterimanya dan mengalami suatu pembaharuan dalam segala aspek kehidupannya.

“Dengan mengikuti Kursus Evangelisasi Pribadi ini maka diharapkan peserta dapat memperoleh pertama, damai dan sukacita yang luar biasa. Kedua, menjadi individu yang lebih baik setelah menghayati karya pertobatan dan pembaharuan iman. Ketiga, mengalami pertumbuhan iman Katolik yang lebih nyata dan terarah. Keempat, memahami tugas perutusan yang diberikan oleh Yesus Kristus sendiri. Dan kelima, mau bekerjasama dengan Roh Kudus dan Rahmat Allah dalam menjalani kehidupan sehari-hari,” paparnya.

Di Paroki Klaten, Kursus Evangelisasi Pribadi menjadi program visioner Bidang Pewartaan dan Evangelisasi. Sasaran dari Kursus Evangelisasi Pribadi ini adalah dewan paroki, prodiakon, ketua wilayah, ketua lingkungan dan umat. (L Sukamta)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *