Wednesday, 17 Jul 2019


Paguyuban Kinasih Paroki Wedi Ajak Lingkungan Memotivasi Umat Berkebutuhan Khusus

Anggota Paguyuban Kinasih berfoto bersama perwakilan Karina KAS, Kamis (20/6/2019).

WartaKita.org – Pertemuan rutin bulanan Paguyuban Difabel “Kinasih” Paroki Santa Maria Bunda Kristus Wedi, Kabupaten Klaten yang diadakan di Balai Mandala Gereja Wedi pada Kamis (20/6/2019) dihadiri perwakilan Karitas Indonesia (Karina) Keuskupan Agung Semarang (KAS), Drajat.

Kunjungan perwakilan Karina KAS ini sungguh membahagiakan dan menjadi berkat bagi Paguyuban Kinasih.

Dalam pertemuan ini dibahas mengenai apa saja yang sudah dilakukan Paguyuban Kinasih serta kerja sama apa saja yang bisa dibangun bersama Karina KAS.

Ada beberapa hal yang dapat disimpulkan dalam pertemuan tersebut, diantaranya pertama, kegiatan kunjungan Paguyuban Kinasih kepada anggota yang berkebutuhan khusus tetap berjalan sesuai jadwal dengan pembagian kelompok agar semua terlayani. Kedua, perlu membawa hasil resume data apa saja yang menjadi kebutuhan dan kendala dari anggota sehingga bisa beraktifitas maksimal.

Ketiga, pembenahan kedalam perlu dilakukan mengingat saat ini pengurus Paguyuban Kinasih masih dalam taraf pembelajaran. Keempat, membuat pendataan anggota dengan masing-masing ciri khasnya. Hal ini dilakukan supaya selama kunjungan mendapat hasil optimal.

Kelima, lingkungan sekitar perlu diajak untuk bekerja sama dalam memotivasi umat yang berkebutuhan khusus ini. Dalam hal ini, keluarga sangat kuat sebagai motivator karena merekalah yang paling dekat dengan si “penyandang” kebutuhan khusus itu. Setelah itu baru lingkungan tempat tinggal atau masyarakat sekitar. Dengan dukungan keluarga dan masyarakat diharapkan para penyandang kebutuhan khusus ini bisa bangkit dalam kekurangan, bersemangat, serta mensyukuri semua karunia Tuhan.

Ke depan, pertemuan anggota dijadwalkan setiap 3 bulan sekali. Dengan harapan pertemuan ini dapat membuka wawasan dan pikiran bahwa mereka tidak sendiri. Ada teman dan saudara di sekitar mereka.

Karena untuk saat ini yang bisa dilayani oleh Paguyuban Kinasih baru yang satu iman, maka paguyuban ini juga perlu mendapat dukungan dari para rama dan umat Paroki Wedi.

Sedang Karina KAS akan selalu mendukung dan memonitor serta mendukung setiap gerak Paguyuban Kinasih. Saat ini, Karina KAS sudah menjalin kerja sama dengan Sanggar Tinarbuka di daerah Dukun, Kabupaten Magelang dibawah bimbingan Rama Tulus. (tri/ls)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *