Tuesday, 20 Aug 2019


Menulis Harus Dibiasakan Sejak Dini

Mahasiswa ASMI Santa Maria Yogyakarta sedang menyampaikan materi pelatihan jurnalistik.

WartaKita.org – Siswa SMP Kanisius Muntilan dan SMP Kanisius Sumber, Kabupaten Magelang mengikuti pelatihan jurnalistik pada Senin (27/5/2019) dan Selasa (28/5/2019).

Pelatihan jurnalistik ini disampaikan oleh mahasiswa ASMI Santa Maria Yogyakarta yang sedang mempelajari ilmu Jurnalistik.

Pada pelatihan ini siswa di kedua SMP tersebut diajarkan untuk berani menulis dan mencoba mengirimkan ke media massa sebagai cara untuk melatih keberanian. Selain itu,  para siswa juga diajak untuk memulai menulis dari hal yang sederhana, seperti artikel untuk majalah dinding dan majalah sekolah.

“Pembiasaan menulis akan semakin baik jika benar-benar dilakukan dengan sepenuh hati. Pelatihan ini diharapkan dapat menyadarkan generasi milenial yang kini semakin meninggalkan media massa karena canggihnya teknologi dan maraknya media sosial,” kata mahasiswa ASMI Santa Maria Yogyakarta.

Narasumber pelatihan menyampaikan, menulis merupakan kegiatan yang menghasilkan banyak manfaat dan kegunaan seperti menyampaikan pendapat, berbagi informasi kepada orang lain, dan mencegah proses lupa.  Kutipan ungkapan dari seorang penulis, Pramodya Ananta Toer “Menulis adalah sebuah keberanian” menjadi dasar seseorang untuk berani memulai menulis.

“Mengapa menulis dikatakan sebuah keberanian?  Karena banyak orang yang memiliki pendapat atau pikiran dan ide yang bagus, namun tidak mengerti atau bahkan tidak berani menuliskannya dan berbagi kepada banyak orang. Kebiasaan menulis harus dibiasakan sejak dini. Karena menurut Pramodya Ananta Toer,  apapun yang ditulis sejak SD maka akan terjadi,” ujar mahasiswa ASMI Santa Maria Yogyakarta. (rudanti widya swara/ls)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *