Monday, 16 Sep 2019


Mahasiswa UKDW Yogyakarta Ikuti GLP Di Hanseo University Korea Selatan

Mahasiswa UKDW Yogyakarta berfoto bersama peserta Global Leadership Camp (GLC).

WartaKita.org – Universitas Kristen Duta Wacana (UKDW) Yogyakarta melalui Biro Kerjasama dan Relasi Publik (BIRO IV) selalu menjalin kerja sama yang baik dengan mitra-mitra internasional, termasuk dengan sister university. Salah satunya dengan Hanseo University, Korea Selatan.

Hanseo University yang terletak di Kota Seosan, Korea Selatan ini merupakan kampus yang mengkhususkan diri dalam bidang penerbangan (aviation) dan mempunyai bandara khusus untuk pendidikan calon pilot, pramugari, dan petugas ATC (Air Traffic Controller).

Pada tahun 2019 ini, UKDW Yogyakarta kembali mengirimkan wakilnya untuk mengikuti Global Leadership Camp (GLC) yang diselenggarakan pada tanggal 27 Juni – 3 Juli 2019.

Adapun mahasiswa yang diutus untuk mewakili UKDW Yogyakarta adalah Yudhistira Audri Pranata dan Kevin Valiant. Keduanya berasal dari Program Studi Informatika Fakultas Teknologi Informasi. Mereka didampingi oleh Dosen dari Fakultas Bisnis, Frista.

GLC ini diikuti oleh peserta dari sejumlah negara seperti Afrika Selatan, Kenya, Mongolia, India, dan Pakistan. Peserta ditempatkan dalam kelompok berbeda untuk saling mendiskusikan tentang tema-tema kepemimpinan, yaitu inovasi, tantangan, komunikasi, harmoni, kejujuran, penelitian, dan kerja sama internasional. Kesemuanya diarahkan menuju kepada semangat bersama to make better life, live together” atau untuk membuat kehidupan lebih baik, hidup bersama.

Para peserta Global Leadership Camp (GLC)  berkesempatan untuk mengunjungi fasilitas penerbangan dan olahraga air di Taean Campus Dormitory. Selain itu, peserta juga berkesempatan untuk mengunjungi Saemaul Undong Academy di Seongnam.

Saemaul undong merupakan suatu gerakan perubahan dan reformasi pedesaan untuk menuju kehidupan yang lebih baik yang dipelopori oleh Presiden Park Chung Hee.

Pasca perang Korea (1950-1953), Korea Selatan merupakan negara termiskin kedua di dunia. Namun dengan semangat Saemaul Undong, mereka bekerja keras mengawali pembangunan dari desa dan melatih kader-kader penggerak desa yang dibekali dengan kemampuan bertani, beternak dan sikap disiplin serta tertib. Semangat inilah yang membuat Korea Selatan bisa menjadi negara maju.  (fr/L Sukamta)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *