Monday, 23 Nov 2020


Luas Kabupaten Mimika  21.693,51 Km Persegi, Penduduknya 215.493 Jiwa

Kantor Bupati Mimika

WartaKita.org – Kabupaten Mimika adalah salah satu kabupaten di Provinsi Papua. Ibu kota kabupaten ini terletak di Timika.

Di kabupaten ini terdapat Kecamatan Tembagapura dimana tambang emas terbesar di dunia milik PT Freeport Indonesia berada.

Di Timika juga terdapat bandar udara nasional yaitu Bandara Moses Kilangin, serta pelabuhan nasional di Poumako.

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) tahun 2020, jumlah penduduk Kabupaten Mimika berkisar 215.493 jiwa.

Awalnya, Mimika merupakan sebuah kecamatan dari wilayah administrasi Kabupaten Fakfak. Dan berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 54 Tahun 1996, Kecamatan Mimika ditetapkan sebagai Kabupaten Administratif. Kemudian berdasarkan Undang-Undang Nomor 45 Tahun 1999, Mimika menjadi kabupaten otonom.

Kabupaten Mimika memiliki luas sekitar 21.693,51 km persegi atau 4,75 persen dari luas wilayah Provinsi Papua dengan topografi dataran tinggi dan rendah.

Kabupaten Mimika sebelah utara berbatasan dengan Kabupaten Paniai, Kabupaten Deiyai dan Kabupaten Puncak Jaya. Sebelah selatan dengan Laut Arafuru. Sebelah timur dengan Kabupaten Asmat dan Kabupaten Nduga. Dan sebelah barat dengan Kabupaten Kaimana.

Kabupaten Mimika didiami oleh 2 suku asli, yaitu suku Amungme yang mendiami wilayah pegunungan dan suku Kamoro di wilayah pantai. Selain itu, ada 5 suku kekerabatan lainnya, yakni suku Moni, Dani, Nduga, Damal, dan Lanny.

Kabupaten Timika dibagi menjadi 18 kecamatan atau distrik, yaitu Distrik Mimika Timur, Distrik Mimika Timur Tengah, Distrik Mimika Timur Jauh, Distrik Mimika Barat, Distrik Mimika Barat Tengah, Distrik Mimika Barat Jauh, Distrik Mimika Barat Baru, Distrik Kuala Kencana, Distrik Tembagapura, Distrik Agimuga, Distrik Jila, Distrik Jita, Distrik Wania, Distrik Iwaka, Distrik Kwamki Narama, Distrik Amar, Distrik Hoya, dan Distrik Alama. (Yehezkiel Kosay, Mahasiswa ASMI Santa Maria Yogyakarta, Program Studi Public Relations/ls)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *