Wednesday, 3 Jun 2020


Libur Sekolah, Bukan Berarti Libur Belajar

PEMERINTAH Provinsi (Pemprov) Jawa Tengah memutuskan untuk meliburkan sekolah selama 14 hari mulai Minggu (16/3/2020).

Libur sekolah ini dilakukan dalam rangka mencegah penyebaran covid-19 atau yang bisa dikenal dengan virus corona.

Dengan adanya libur sekolah ini diharapkan para pelajar atau siswa mampu menjaga diri  agar tidak terkena virus corona. Karena dengan libur sekolah, kontak langsung dengan orang atau teman menjadi lebih terbatas atau hanya dalam lingkup keluarga saja. Sehingga diharapkan dapat menekan penyebaran virus corona.

Saat libur sekolah bukan berarti siswa tidak belajar. Siswa tetap diimbau untuk belajar di luar sekolah atau di rumah mereka dengan menggunakan media pendukung pembelajaran.

Keputusan untuk meliburkan sekolah ini ternyata menimbulkan pro dan kontra. Di satu sisi, dengan libur sekolah diharapkan mampu mencegah dan menghambat penyebaran virus corona. Namun di sisi lain,  libur sekolah menghambat kelas akhir yaitu kelas 6, 9, dan 12 untuk melakukan ujian.

Ujian yang sudah direncanakan menjadi tertunda untuk sementara waktu. Bahkan, pelaksanaan Ujian Nasional pun dimungkinkan mundur. Sehingga dapat membuat daya semangat siswa dalam mempersiapkan ujian menurun seiring dengan “kecemasan” publik mengenai virus ini.

Dampak penyebaran virus corona ini tidak hanya dirasakan di kalangan pelajar saja. Kalangan masyarakat luas juga merasakan dampaknya. Sebagai contoh di Kabupaten Semarang. Rangkaian kegiatan dalam rangka memperingati HUT Kabupaten Semarang, kirab bidaya, dan karnaval ditiadakan, sehingga harus menjadwal kembali persiapan tersebut.

Dalam situasi seperti ini, masyarakat diharapkan untuk tetap tenang dalam menyikapinya. Para orangtua diminta mendukung anak-anaknya dalam pembelajaran mandiri, selalau menjaga kondisi badan, dan selalu berperilaku hidup bersih dan sehat. Karena sehat Anda adalah sehat semua orang. (Dewi Nurmalasari, Kelas XII IPS, SMA Marsudirini Muntilan/ls)

Dewi Nurmalasari

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *