Monday, 21 Oct 2019


Lebih Dari 1.200 Polisi Siap Amankan Pilkades Di 77 Desa Di Klaten

Kapolres Klaten AKBP Wiyono Eko Prasetyo

WartaKita.org – Polres Klaten siap mengamankan pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak tahap III di Kabupaten Klaten yang diadakan pada Rabu (9/10/2019).

Pilkades serentak tahap III ini akan berlangsung di 77 desa dengan jumlah calon kepala desa (cakades) sebanyak 210 orang.

Pernyataan ini disampaikan Kapolres Klaten AKBP Wiyono Eko Prasetyo usai menghadiri acara Ngopi Bersama Cakades yang akan berkompetisi pada Pilkades tahap III di Pendopo Rumah Dinas Bupati Klaten, Sabtu (5/10/2019) pagi.

“Dengan dukungan personil yang dimiliki Polres Klaten lebih dari 1.200 anggota polisi, maka Polres Klaten siap mengamankan Pilkades tahap III tersebut,” katanya.

Kapolres Klaten AKBP Wiyono Eko Prasetyo menjelaskan, dalam rangka pengamanan Pilkades tahap III ini, Polres Klaten telah melakukan pemetaan wilayah. Dengan demikian, semua desa yang menggelar Pilkades dapat terpantau oleh petugas keamanan Polres Klaten.

“Saya mengimbau kepada semua calon kepala desa untuk saling menghormati semua tahapan dan proses Pilkades. Siapapun yang terpilih agar memegang prinsip seduluran selawase. Karena Pilkades ini proses demokrasi yang ada di tingkat desa. Dan setelah Pilkades selesai, sesama calon Kades tinggal di satu desa,” ujarnya.

Karena itu, AKBP Wiyono Eko Prasetyo berharap, siapapun yang terpilih harus menjunjung tinggi seduluran selawase. Calon yang kalah harus legawa, dan calon yang menang harus merangkul cakades yang kalah.

“Saya meminta kepada Cakades agar tidak mengundang massa dari desa lain pada Pilkades ini agar desanya tetap kondusif,” pesannya.

AKBP Wiyono Eko Prasetyo menyampaikan, dalam pengamanan  Pilkades tahap III ini Polres Klaten melibatkan semua kekuatan anggota polisi Polres Klaten lebih dari 1.200 orang. Kemudian juga didukung personil dari Polda Jateng dan Polres tetangga, dan satu pleton yang siap dipanggil setiap saat.

“Polres Klaten akan melakukan rayonisasi yang dibagi kedalam 6 rayon. Dengan demikian diharapkan, kalau ada masalah dalam Pilkades, semua komponen masyarakat dapat berperan serta untuk  mendinginkan suasana. Karena itu, kita ajak masyarakat untuk mengedepankan rasa persatuan dan kesatuan bangsa. Bahwa Pilkades merupakan tahapan untuk memajukan kesejahteraan masyarakat,” tandasnya. (L Sukamta)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *