Thursday, 9 Jul 2020


Kurangi Penyebaran Virus Corona, Gereja Paroki Klaten Lakukan Ekaristi Online

Ekaristi online di Gereja Paroki Santa Maria Assumpta Klaten, Jumat (20/3/2020) pukul 18.00 WIB.

WartaKita.org – Gereja Paroki Santa Maria Assumpta Klaten melakukan Ekaristi online tanpa umat atau live streaming pada Jumat (20/3/2020) pukul 18.00 WIB.

Karena Ekaristi online, maka umat mengikuti Ekaristi di rumah masing-masing.

Ekaristi online ini sebagai tindak lanjut dari Surat Gembala Uskup Agung Keuskupan Agung Semarang (KAS) untuk membantu mengurangi atau menghentikan laju penyebaran virus corona covid-19.

Ekaristi online harian ini hanya diikuti oleh rama dan sejumlah petugas liturgi. Ekaristi disiarkan langsung via chanel youtube Gereja Paroki Klaten.

Pastor Kepala Paroki Santa Maria Assumpta Klaten Rama Gregorius Kriswanto Pr menjelaskan, Ekaristi online ini dilakukan karena merebaknya virus corona covid-19 yang terjadi akhir-akhir ini. Hal ini juga sekaligus untuk menindaklanjuti Surat Gembala Uskup Agung Keuskupan Agung Semarang Mgr Robertus Rubiyatmoko.

“Ekaristi secara online ini untuk mengurangi perjumpaan antar warga. Karena seperti diketahui, penularan virus corona itu dikarenakan perjumpaan yang melibatkan banyak orang. Maka Gereja Maria Assumpta Klaten melaksanakan Ekaristi harian dan mingguan setiap hari pukul 18.00,” kata rama.

Sebelumnya,  Uskup Agung Keuskupan Agung Semarang Mgr Robertus Rubiyatmoko mengeluarkan Surat Gembala kepada para rama dan umat Katolik di seluruh  KAS.

Isi Surat Gembala itu yakni selama 15 hari, mulai tanggal 20 Maret sampai dengan 3 April 2020, semua kegiatan kegerejaan yang melibatkan banyak orang ditiadakan.

Seperti Misa harian dan Misa Mingguan, Misa Lingkungan dan Misa Ujud, pengakuan dosa secara masal, dengan tetap terbuka bagi mereka yang ingin mengaku dosa secara pribadi di gereja paroki, renungan APP (Aksi Puasa Pembangunan) dan Jalan Salib, latihan-latihan persiapan Pekan Suci, kursus-kursus dan pembinaan iman, rapat, dan pertemuan-pertemuan lain.

Khusus untuk Misa Mingguan akan disiarkan online. (L Sukamta/*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *