Monday, 25 Jan 2021


Kuasai 5 Bahasa Pemrograman, Rhama Jadi Ahli Cyber Security

Muhammad Fani Akbar

WartaKita.org – Muhammad Fani Akbar atau yang akrab dipanggil Rhama ini adalah mahasiswa jurusan Teknik Komputer di Universitas AMIKOM Yogyakarta. Dia memiliki banyak prestasi di bidang Information Technology  atau IT.

Kemampuannya di bidang IT sudah tidak diragukan lagi. Rhama sudah memahami lima bahasa pemrograman yang tentunya tidak mudah untuk dikuasai, seperti Python, PHP, Bash, x86 Assembly, dan C/C++ Basic.

Pada tahun 2016 dia sudah mengajar guru SD, SMP, dan SMA agar dapat memanfaatkan teknologi lebih baik untuk pembelajaran.

Rhama telah menggeluti banyak perlombaan pada saat ia masih duduk di bangku SMK. Saat berada di SMK Negeri 1 Dompu, Nusa Tenggara Barat (NTB), dia sudah berhasil memenangkan sebanyak 7 perlombaan. Rhama juga sudah mengikuti beberapa seminar.

Setiap tahun, dia mengikuti perlombaan demi perlombaan, sehingga banyak pengalaman yang dia dapatkan sampai saat ini.

Saat lulus dari SMK pada tahun 2017, Rhama tidak langsung melanjutkan ke jenjang kuliah. Walaupun di tahun 2018 dia tidak kuliah, tetapi tidak menyurutkan semangatnya untuk tetap mengikuti event ataupun perlombaan.

Di tahun itu juga dia melakukan Penetration Testing dan Secure Code Review pada jaringan dan aplikasi web di Yayasan Aksi Cepat Tanggap.

Dia sepertinya menjadi langganan penerima penghargaan pada event Cyber Jawara.

“Saya mengikuti event Cyber Jawara ini berulang kali. Karena saya mengikuti event yang berbeda-beda,” katanya.

Di tahun 2017 dan 2018, dia mendapatkan penghargaan sebagai finalis Cyber Jawara. Rhama mendapatkan peringkat kedua di tahun 2019, dan memperoleh peringkat keempat di tahun 2020. (Enggal Dika Puspita, mahasiswa ASMI Santa Maria Yogyakarta, Prodi Public Relations/ls)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *